Inspiration

Inspirasi Pentingnya Berbuat Baik Dan Bermatiraga, Sesudah Tahu Lalu Harus Bagaimana?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Berbuat baik dan bersikap prihatin itu selalu berbuah berkah. Bagaimana penjelasannya? Kita simak bersama yuk!

Referensi pihak ketiga

Setiap orang dipanggil untuk berbuat baik. Melakukan perbuatan baik tak semudah membalikkan telapak tangan. Karenanya harus disertai dengan lelaku, yakni sikap prihatin dan mati raga. Itulah sebabnya dalam tradisi Jawa ada puasa Senin Kamis yakni ulah matiraga rutin dengan berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Itu hanya salah satu contoh saja.

Referensi pihak ketiga

Ada pula yang dengan puasa mutih (puasa dengan hanya makan nasi putih sekepal tanpa lauk dan sayur). Ada pula puasa ngrowot yaitu puasa dengan memakan umbi-umbian. Semua itu dalam rangka lelaku prihatin agar manusia dimampukan berbuat baik dalam kehidupan. Perbuatan baik itulah yang akan mendatangkan ganjaran atau anugerah dan berkah dari Tuhan!

Dari keyakinan itulah maka muncul inspirasi kearifan lokal ini. Sing sapa gelem nglakoni kabecikan lan uga gelem lelaku, ing tembe bakal tampa kanugrahaning Pangeran. Siapa saja yang bersedia berbuat baik dan juga mau “lelaku” prihatin, kelak akan memperoleh anugrah Tuhan.

Referensi pihak ketiga

Inspirasi serupa terdapat pula dalam agama-agama dan kepercayaan apa pun. Ajaran untuk berbuat baik dan bermatiraga (prihatin) terdapat pula dalam semua agama. Itulah yang disebut askese demi kebaikan dan masa depan kehidupan siapa pun. 

Begitulah makna inspirasi kearifan lokal ini. Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 27/6/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
http://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1871842691655547?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=app_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.