Inspiration

Mulianya Berbakti Pada Ayah Ibu Kita Selagi Masih Bisa, Jangan Menyesal Sesudah Meninggal

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Keberadaan setiap insan di dunia ini tak lepas dari peran kedua orang tuanya, yakni ayah dan ibu kita. Maka, sudah selayaknya dan seharusnyalah, setiap manusia berbakti kepada ayah dan ibunya. Seperti apa penjelasannya?

Referensi pihak ketiga

Inspirasi kearifan lokal tradisi Jawa ini menarik dan bisa menampar setiap orang yang kepada kedua orang tuanya bersikap kurang ajar! Dumadining sira ikut lantaran anane bapa biyungira. Lahirnya manusia karena berkat adanya kedua orang tua kita, ayah dan ibu kita. Karenanya, tiada hal yang terbaik, terindah dan termulia selain berbakti kepada mereka, bahkan di saat-saat mereka semakin renta.

Referensi pihak ketiga

Karenanya, jangan pernah menyesal sesudah mereka meninggal dan ternyata Anda belum berbuat bakti kepada entah ayah atau ibu Anda. Itu akan menjadi penyesalan sepanjang hidup bagi yang masih memiliki hati nurani. Kecuali bila Anda tak lagi berhati nurani, maka mencampakkan orang tua yang telah melahirkan Anda di dunia ini lalu dianggap biasa. Namun ini sesuatu yang yang menyedihkan dan Tuhan pasti tak akan pernah rela bila sikap itu ada sebab Tuhan memakai ayah ibu kita untuk menghadirkan hidup kita di dunia ini.

Referensi pihak ketiga

Itulah sebab, semua agama dan kepercayaan bahkan setiap tradisi peradaban manusia selalu memberi ruang dan tempat tertinggi untuk berbakti kepada orang tua, seperti apa pun keadaannya. Berbakti kepada ayah dan ibu adalah tindakan mulia. Sebaliknya merupakan hal yang hina dan hanya akan mendatangkan luka lara bagi yang tega!

Demikian pemaknaanku atas inspirasi kearifan lokal falsafah Jawa Dumadining sira ikut lantaran anane bapa biyungira. Semoga bermanfaat. Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

Kampus Ungu Unika Soegijapranata, 28/6/2018

Sumber: refleksi pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/865327522840578?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.