Inspiration

Pentingnya Menjaga Hati Nurani, Mengapa? Sebab Itulah Cermin Jiwa Tuhan Bertahta!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inspirasi tentang refleksi dan introspeksi dari kearifan lokal falsafah dan mistik kejawen ini bagus banget. Mengajak kita untuk mengalami perjumpaan dengan Tuhan. Mari kita simak bersama.

Referensi pihak ketiga

Kalimat falsafahnya seperti ini. Gusti iku dumunung ana jeneng sira pribadi, dene ketemune Gusti lamun sira tansah eling. Dalam bahasa Indonesia bisa dikatakan seperti ini. Tuhan ada di dalam diri pribadi, dapat anda ketemukan dengan cara selalu eling lan waspada. Bagaimana dijelaskan?

Untuk menjawab ini saya ingat tentang mistik cermin. Jiwa manusia itu seumpama cermin yang menggambarkan alam adikodrati dan rohani. Di balik semua itu bahkan Tuhan bertahta. 

Referensi pihak ketiga

Dalam Serat Centhini jilid I, pupuh Mijil bait 8 dirumuskan sebagai berikut. Dahsyat dan mendalam banget.

“Yen anembah den sedya ningali, Kang sinembah mengko, den kaya ngilowa wayangane, den kawamgwang katon rupa jati, kang katon jro cermin.”

Makna tembang itu begini. Bila manusia menyembah kepada Tuhan, dan hendak memandang Dia yang disembah, ini seperti manusia itu sendiri sedang bercermin. Karenanya, gambaran dalam cermin hendaknya dipandang baik-baik, dengan demikian akan tampak hal yang sejati. Yang sejati itu tampak terpantul dalam cermin. 

Referensi pihak ketiga

Oleh karena itu, setiap pribadi harus tetap sadar dan waspada (eling lan waspada). Sadar dan waspada untuk tetap menjaga hati, jiwa dan budi tetap bersih dan suci dari setiap godaan dan kejahatan. Sadar dan waspada bahwa di kedalaman batin kita bertahtalah Tuhan yakni dalam hati nurani kita. Memang hati nurani bisa keliru. Maka, diperlukan olah batin untuk terus melatih dan mendidik hati nurani agar tetap menjadi tempat Tuhan bertahta.

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

Muntilan, 11/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Mistik Kejawen (2018:100-102)

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2569752937823602?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.