Inspiration

Pentingnya Menjaga Keindahan Sesama Dan Semesta, Mengapa Berani Merusaknya?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inspirasi dan motivasi kerarifan lokal yang satu ini tak akan habis digali dan direnungkan. Mengapa? Karena untuk tujuan yang satu inilah manusia diciptakan Tuhan di dunia ini. Kita simak yuk.

Referensi pihak ketiga

Memayu hayuning bawana secara harafiah berarti menciptakan, menjaga dan melestarikan keindahan bumi dan seisinya. Buahnya adalah damai sejahtera dalam kerukunan dan keharmonisan. Caranya bagaimana?

Referensi pihak ketiga

Pertama, manusia harus membasmi setiap sisi dan bentuk angkara murka. Bersihkan hati dari sikap iri, drengki, kemlinthi, jail lan methakil yakni sikap iri hati, sombong, suka merusak hidup bersama.

Kedua, tinggalkan cara kerja yang berpusat pada diri sendiri, gantilah dengan kerja sama dengan sesama. Dorongannya bukan kepentingan pribadi, melainkan kepentingan bersama. Prosesnya bukan dengan menciptakan konflik dan perselihan, melainkan kerukunan dan kerja sama. Terjadilah keterlibatan sinergis demi mengembangkan setiap bakat dan kemampuan tiap pribadi demi kepentingan kemanusiaan dan kebangsaan.

Ketiga, bersihkanlah diri sendiri dari setiap nafsu egoistik dan hiasilah dengan kebajikan dan kebaikan untuk mewujudkan kebahagiaan bersama. Damai dan sejahtera adalah dasar dan mahkota hayuning bawana yang harus diciptakan, dirawat dan dijaga bersama.

Referensi pihak ketiga

Demikian, permenungan singkat tentang memayu hayuning bawana dari sisi mistik kejawen maupun dalam perspektif kemanusiaan. Kedua sisi memberi inspirasi dan motivasi yang sama demi tata tentrem kerta raharjaning bumi dan seisinya, sesama dan semesta. 

Semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 9/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Ilmu Slamet (2018: 49-51).

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3103614003976455?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.