Inspiration

Pentingnya Menyadari Kehadiran Tuhan Melalui Dan Dalam Jatidiri Manusia Sendiri. Bisakah?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Artikel ini masih seputar inspirasi tentang realitas keberadaan Tuhan dan jatidiri manusia. Nah, yang seperti apa? Mari kita simak yang satu ini.

Referensi pihak ketiga

Ada dua falsafah Jawa yang saling menegaskan tentang inapirasi ini. Pertama, sing sapa nyumurupi dating Pangeran iku ateges nyumurupi awake dhewe. Kedua, dene kang durung mikani awake dhewe durung mikani dating Pangeran. Apa artinya?

Pertama, siapa yang mengetahui zat Tuhan berarti mengetahui dirinya sendiri. Kedua, sedangkan bagi yang belum memahami jatidirinya sendiri maka tidak mengetahui pula zat Tuhan.

Referensi pihak ketiga

Pengenalan akan Tuhan dan pengenalan diri manusia sendiri seperti dua sisi telapak tangan yang saling melengkapi dan tak terpisahkan. Namun betapa pun, sisi pihak Tuhan itu yang utama. Yang menarik adalah bahwa pengenalan diri manusia sendiri, ternyata dipahami sebagai penentu pengenalan akan Tuhan. Refleksi diri menginspirasi pengalaman akan Allah. 

Maka, tidak berlebihan bila dikatakan bahwa saat manusia belum memahami jatidirinya sendiri manusia pun tidak akan mengetahui zat Tuhan. Hal ini amat mudaj dimengerti. Kembali ke jatidiri sendiri membuat laksana perjumpaan antara Bima (Werkudara) dengan Dewa Ruci. Di sanalah Bima dan Dewa Ruci manjing ajur-ajer membuat Bima sadar akan dirinya sendiri dan perjumpaan dengan Sang Pencipta.

Referensi pihak ketiga

Demikian, refleksi spontan atas kearifan lokal ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

Muntilan, 11/7/2018

Sumber: refleksi pribadi spontan falsafah Jawa

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1663455608742433?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.