Inspiration

Pentingnya Menyadari Perubahan Keadaan, Mengapa Masih Berani Bersikap Arogan?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inspirasi kearifan lokal falsafah Jawa berikut ini baik menjadi motivasi hidup setiap orang, apa pun agama dan kepercayaannya. Ini saya dapatkan dari falsafah Jawa. Seluruh refleksinya adalah penafsiran pribadi saya. Mari kita simak bersama.

Referensi pihak ketiga

Kahanan kang ana iki ora suwe mesthi ngalami owah gingsir, mula aja lali marang sapadha-padhaning tumitah. Apa arti dan maknanya? Itu tampak pertama-tama dari terjemahannya. 

Kahanan itu sama dengan keadaan hidup. Ora suwe owah gingsir artinya, tak akan berlangaung lama akan berubah. Mula aja lali berarti suatu peringatan agar tidak lupa. Tidak lupa kepada siapa? Marang sapadha-padha tumitah, yakni sesama manusia sebagai ciptaan Tuhan. 

Referensi pihak ketiga

Singkat kalimat, falsafah Jawa itu mengingatkan siapa saja bahwa keaadan hidup yang ada sekarang ini tidak akan berlangsung lama pasti akan mengalami perubahan, maka dari itu janganlah lupa kepada sesama makhluk hidup ciptaan Tuhan. Perubahan itu pasti terjadi. Tak ada yang kekal di dunia ini. Karenanya jangan lupa diri.

Selalu ingat akan sesama itu penting. Ingat tak hanya ingat nama tetapi juga ingat untuk mendoakan sesama. Ingat sesama juga dalam arti tak perlu saling menghina dan merendahkan yang lain. Jangan sombong. Jangan pula merasa diri paling baik. Itu penting. Lebih dari segalanya, saling membantu itu bagian dari ingat akan sesama. Kadang membantu, kadang dibantu tak apa-apa. Itulah hidup senyatanya. Bangunlah sikap tepa selira marang sapadha-padha!

Referensi pihak ketiga

Itulah pemaknaan spontan kearifan lokal falsafah Jawa itu menurut refleksiku. Bagaimana dengan refleksi dan pemaknaan Anda? Boleh donk ditulis di kolom komentar agar refleksi atas kearifan lokal ini kian mendalam.

Terima kasih atas komentar dan masukannya. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

Muntilan, 10/7/2018

Sumber: murni refleksi pribadi

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1741392186182652?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.