Inspiration

Sulitnya Bersikap Sabar, Bahkan Nyawa Sendiri dan Sesama Jadi Korban, Mengapa Masih Ragu?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Renungan tentang kesabaran selalu mendapat tanggapan yang meriah entah negatif entah positif. Itu pertanda apa? Bahkan masih ada yang meragukan pentingnya sikap sabar! Mengapa? Silahkan tebak, namun, inilah kira-kira jawabannya.

Referensi pihak ketiga

Sabar itu sulit, namun buahnya kebahagiaan. Sabar itu pahit tetapi buahnya manis. Di tengah arus zaman now yang serba instan, budaya cepat saji dan pola pikir sekali pakai buang; kesabaran atau sikap sabar memang menjadi langka. Padahal ketidaksabaran itu berbahaya. Sikap tak sabar bisa membuat nyawa melayang dan sesama menjadi korban pula.

Referensi pihak ketiga

Itu terbaca dalam fenomena di jalan raya. Orang-orang berebut cepat. Meski lampu merah menyala di simpang jalan sejumlah pengemudi nekad menerobos. Nyawa sendiri dan orang lain jadi taruhan. Kadang pula sumpah serapah antar pengguna jalan masih terjadi dan bahkan berujung pertumpahan darah.

Dalam situasi itu, inspirasi dan motivasi untuk selalu bersikap sabar menjadi pitutur luhur yang tak akan pernah luntur. Bahkan kian hari kian penting untuk terus disadari dan dihayati; meski sulit dan bisa jadi rumit. Sabar itu berbuah keselamatan. Sabar itu suatu kemuliaan dan keluhuran. Untuk bersikap sabar, manusia harus selalu eling lan waspada.

Referensi pihak ketiga

Demikianlah sekali lagi kita angkat tema kesabaran sebagai inspirasi dan motivasi kehidupan dari kearifan lokal Jawa melalui pitutur luhur eling lan waspada. Semoga bermanfaat. Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati kita semua dengan kesabaran.***

JoharT Wurlirang, 9/7/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/4301460015657124?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.