Inspiration

Indahnya Berbuat Baik dan BerMurah Hati, Itulah Keutamaan. Masih Ragu?

Sahabat Peradaban Kasihyang terkasih. Semua orang pasti ingin dan terus berusaha untuk memiliki perilaku yang mulia dan bermartabat. Lalu apa inspirasi dan motivasinya?

Referensi pihak ketiga

Inspirasi untuk hidup mulia itu harus ditopang dengan budi pekerti yang luhur. Begini pitutur luhur falsafah Jawa dirumuskan. Ngudi laku utama kanthi sentosa ing budi. Artinya, menghayati perilaku mulia dengan budi pekerti luhur.

Ngudi laku utama kanthi sentosa ing budi itu setara dengan pitutur luhur lainnya yakni berbudi bawa leksana. Berbudi sama dengan murah hati. Bawa sama dengan wibawa, berwibawa. Leksana berarti sikap yang dijalankan. Apa maknanya?

Referensi pihak ketiga

Setiap orang disebut berperilaku mulia dan berbudi pekerti luhur manakala mampu menjalani hidupnya dengan sikap murah hati. Ia berlaku adil, dan selalu memikirkan kesejahteraan semua orang. Sikap seperti ini tak hanya berlaku untuk para pemimpin tapi juga semua orang. Alangkah indahnya bila hidup bersama ditandai oleh sikap selalu ngudi laku utama kanthi sentosa ing budi, berbudi bawa leksana.

Begitu kawan. So, jangan ragu untuk bersikap murah hati dan berlaku adil. Begitulah manusia menghayati citraNya sebagai makhluk yang diciptakan secitra dengan Tuhan. Hendaklah bersikap murah hati seperti Tuhan murah hati. Bahkan orang jahat pun tak akan memberi anaknya ular saat dia minta roti, atau kalajengking saat anaknya minta ikan. 

Referensi pihak ketiga

Semoga memberi inapirasi dan memotivasi siapa saja untuk berbuat baik. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua dengan kemurahan hatiNya.***

JoharT Wurlirang, 16/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Pitutur Adi Luhur (2009:89)

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1156711644386332?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.