Inspiration

Indahnya Bersikap Rukun Demi Satu Tujuan Kemanusiaan, Sederhana Saja; Ini Contohnya!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Indahnya persahabatan dan kerja sama untuk mewujudkan perdamaian dan kerukunan bisa kita wujudkan dengan berbagai cara. Inilah salah satu yang bisa dilakukan terinspirasi oleh kearifan lokal falsafah Jawa ini. Yang seperti apa? Kita simak yuk.

Referensi pihak ketiga

Falsafahnya begini. Sayuk rukun saiyeg saeka praya yang artinya bersatunya perasaan rukun antar individu dalam kehidupan bermasyarakat untuk satu tujuan. Tujuannya adalah kebaikan, keadilan, dan persaudaraan dalam menghadapi persoalan bersama.

Referensi pihak ketiga foto by Boim Permadi – baris tengah bersama Kapolda Jateng dan Pangdam IV Diponegoro

Dalam falsafah ini, yang terpenting adalah suasana rukun bersatu dalam persahabatan dalam keberagaman. Saya bersyukur boleh mengalami kebenaran ini bersama Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Condro Kirono MM., M.Hum beserta jajarannya dan Pangdam IV Diponegoro Mayor Jenderal TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si bersama jajarannya. Bapak Condro memfasilitasi kami bersama rekan-rekan Pelita (Persaudaraan Lintas Agama) dan Gusdurian Semarang menikmati “22 Menit” di XXI DP Mall Semarang.

Referensi pihak ketiga – Sebagian dari anggota Pelita Semarang sayuk rukun saiyeg saeka praya

Dalam kebersamaan itulah roh falsafah Jawa sayuk rukun saiyeg saeka praya kami hayati bersama. Keindahan kebersamaan dinikmati dalam keindahan seraya membangun kesadaran atas ngerinya kekerasan dengan harapan janganlah kekerasan seperti terekspos dalam “22 Menit” terulang di negeri ini. Penyadaran dengan menumbuhkanninspirasi dan motivasi untuk hidup rukun pun terjadi. Dan itu mengasyikkan. Hdiup rukun tak hanya bersifat formal tetapi juga dilandasi rasa-perasaan demi membela kemanusiaan.

Referensi pihak ketiga

Begitulah falsafah Jawa kearifan lokal tak hanya memberi inspirasi dan motivasi tetapi juga dihayati dalam kenyataan. Rukun dan srawung tak hanya dalam omongan tetapi juga dalam tindakan. Sungguh mengasyikkan! Semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

Otw Karanganyar Solo, 20/7/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/524886571668295?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.