Inspiration

Inspirasi Bersikap Baik Kepada Siapa Saja, Mengapa Harus Saling Menghina? Ini Jawabannya!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Dalam kehidupan bersama yang ditandai sikap gampang menghina, bahkan saling menghujat satu terhadap yang lain, pitutur luhur budaya Jawa ini menohok siapa saja yang membaca dan mendengarnya. Janma tan kena ingina! Manusia tak boleh dihina, seperti apa pun keadannya.

Referensi pihak ketiga

Maka, inilah inspirasi bersikap baik kepada siapa saja. Jangalanlah saling menghina di antara umat manusia, apa pun alasannya. Setiap orang memiliki keunikannya masing-masing. Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Setiap orang memiliki kesempurnaan dan keterbatasannya. Lalu harus bagaimana? Hidup itu indah jika orang bisa saling mengerti, mau berbagi dan saling menghargai. Itulah makna positif janma tan kena ingina.

Referensi pihak ketiga

Jangan melakukan penghinaan terhadap sesama! Mengapa? Menghina sesama manusia sama dengan menghina Tuhan yang menciptakan manusia. Alih-alih saling menghina, mestinya setiap orang saling berbuat baik satu terhadap yang lain. Alih-alih saling meremhkan, baiklah setiap orang saling menghargai satu terhadap yang lain. Alih-alih saling menghujat, ayolah setiap orang saling mengangkat beban-beban kehidupan bersama demi kesejahteraan siapa saja. Dengan cara itupun, yakinlah, nama Tuhan dimuliakan!

Referensi pihak ketiga

Begitu saja. Sangat sederhana namun mendalam makna pitutur luhur ini. Janma tan kena ingina. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua dengan kasih dan cara pandang positif terhadap sesama.***

JoharT Wurlirang, 19/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Pitutur Luhur Budaya Jawa (2017:160).

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2535211337065964?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.