Inspiration

Inspirasi Bersikap Rendah Hati, Bacalah Satu Menit Saja, Semoga Dampaknya Luar Biasa!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Saat paling buruk dalam pikirian manusia adalah ketika ia merasa paling pinter dari yang lain. Ini sangat berbahaya sebab itulah benih kesombongan yang bisa bertumbuh menjadi pohon keangkuhan dan membuahkan kecongkakan. Ini akar dari segala dosa manusia dan sumber kehancurannya.

Referensi pihak ketiga

Dalam falsafah Jawa, peringatan untuk tidak angkuh bin sombong bin congkak dirumuskan sebagai berikut. Aja sira dek sura ngaku pinter tinimbang sejene. Artinya, janganlah congkak, merasa lebih pintar dari yang lainnya. Inilah pitutur luhur yang mengajak siapa saja bersikap rendah hati dan tidak meremehkan siapa pun di antara sesamanya. Ketika setiap orang bisa menghayati kearifan lokal ini, hidup akan bersinar dalam keindahan dan kerukunan. Manusia yang satu dan lainnya pun bisa saling bekerjasama untuk membangun peradaban kasih bagi masyarakat yang sejahtera, bermartabat dan beriman, apa pun agama dan kepercayaannya.

Terima kasih. Semoga bermanfaat. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 22/7/2018

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan gambar terlampir

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/839236899895104?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.