Inspiration

Inspirasi Indahnya Bersrawung Orang Muda Lintas Agama, Seperti Apakah? Baca Sejenak Saja!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah refleksi atas inspirasi kearifan lokal falsafah Jawa yang dihidupi dalam realitas oleh orang muda lintas agama di Rayon Sleman, DIY. Apa kearifan lokalnya? Seperti apa pula inspirasi itu memotivasi orang-orang muda? Beginilah kisahnya.

Referensi pihak ketiga

Kearifan lokalnya adalah srawung rukun agawe santosa. Begitulah mereka membahasakan ulang kearifan lokal tersebut dengan judul Srawumg Kekinian. Nah, srawung kekinian orang muda lintas agama Rayon Sleman tersebut siekspresikan melalui berbagai peristiwa. Mereka saling meneguhkan dalam kunjungan ke Vihara Buddha, Pondok Pesantren Salafiah dan Forum Jogya Damai. Rangkaian kunjungan dan dialog itu lantas dipuncaki dengan pentas seni budaya di Melcosh Kaliurang, Yogya.

Referensi pihak ketiga

Ratusan orang muda lintas agama bernyanyi bersama dalam kerukunan yang sentosa muda gembira dan bersaudara. Mereka tak hanya srawung sejak dalam pikiran melainkan juga menghayati dalam kegembiraan seni dan budaya. Ada tarian, ada band, ada ketipungan dan ada pula keroncongan. Semua dilakukan oleh orang muda lintas agama tanpa diskriminasi (Sabtu, 21/7/2018). Saya yang diminta memberi sambutan pembuka oleh mereka pun, tak banyak bicara selain juga dengan menyanyikan sebuah lagu dengan alunan saksofon sebagaimana diminta panitia yakni Yoan, Anggi dan Indra.

Referensi pihak ketiga

Inspirasi kearifan lokal memotivasi orang muda untuk srawung kekinian rukun agawe santosa dari siang (mural srawung) hingga malam (pentas seni budaya). Top markotop. Joz gandoz. Terima kasih. Salam srawung. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

Melcosh Kaliurang, 21/7/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1831498824700754?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.