Inspiration

Inspirasi Memayu Hayuning Pribadi, Bukan Karena Kehebatan Diri Tapi Karena Kasih Tuhan!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Setiap manusia pasti berkehendak baik untuk terus meningkatkan kualitas diri pribadinya sebagai manusia. Dalam pitutur luhur budaya Jawa, hal itu disebut memayu hayuning pribadi. Seperti apa dan bagaimanakah? Kita simak yuk!

Referensi pihak ketiga

Banyak cara untuk meningkatkan kualitas pribadi manusia. Inspirasi dan motivasinya juga bermacam-macam. Kualitas pribadi manusia bisa ditingkatkan melalui pendidikan yang ditempuhnya. Namun, lebih dari segalanya, olah rohani, refleksi diri, mawas diri pribadi dan ketekunan membuat diskresi setiap hari, adalah cara-cara terpenting yang bisa dilakukan untuk memayu hayuning pribadi.

Referensi pihak ketiga

Dalam bahasa rohani, memayu hayuning pribadi merupakan upaya pengolahan batin menuju persatuan dengan Tuhan, sumber segala kualitas pribadi manusia, apa pun agama dan kepercayaannya. Kualitas pribadi ditandai oleh kebahagiaan bersama Tuhan kendati dalam kesadaran akan segala kelemahan dan kedosaannya. Dosa menjadi akar kehancuran manusia. Namun, doa menjadi jalan menuju kebahagiaan; bukan karena perbuatan dosanya, melainkan karena dosa membuka jalan bagi Tuhan untuk menyelamatkan manusia. Maka ada ungkapan felix culpa. Kedosaan yang membahagiakan karena menjadi jalan penebusan bagi Tuhan.

Kebahagiaan bukan karena keberdosaan melainkan karena perjumpaan dengan Tuhan yang menyelamatkan sesudah melewati curahan air mata duka atas segala dosa. Air mata itu membersihkan jiwa dan mendorong hidup untuk mencari dan menemukan Tuhan. Tanpa keinginan yang amat kuat akan Tuhan, manusia tidak akan memayu hayuning pribadi. Semua sia-sia dan hampa. Dahsyat bukan?

Referensi pihak ketiga

Semoga inspirasi memayu hayuning pribadi memotivasi Anda untuk mengalami kebahagiaan karena kualitas pribadi yang kian berakar pada kasih Tuhan. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 17/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Pitutur Luhur Budaya Jawa (2017:253) dan Mencari Tuhan dalam Segala (2013:49-51)

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/987545592092150?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.