Inspiration

Janganlah Melupakan Hukum Tuhan dalam Menata Kehidupan, Bagaimanakah? Bacalah!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inspirasi kearifan lokal falsafah ini mengajak siapa saja untuk mengelola kehidupan ini dengan baik jangan sampai kita diperbudak oleh situasi hidup ini. Namun yang terpenting adalah jangan sampai melupakan aturan dan hukum Tuhan. Seperti apa dan bagaimanakah?

Referensi pihak ketiga

Dadi manungsa sing bisa ngatur urip. Aja gelem diatur urip. Nanging aja nglalekake arurane Sing Gawe urip. Artinya, menjadi manusia itu mestinya bisa mengatur atau mengelola hidup ini. Janganlah mau dikendalikan hiruk pikuk kehidupan ini. Tetapi janganlah melupakan aturan atau hukum yang diberikan oleh Tuhan.

Tiga hal itu penting dan saling terkait. Namun yang utama adalah yang ketiga sebagai landasan bagi yang pertama bahkan yang kedua. Benar bahwa manusia harus bisa menata hidup ini. Caranya menata bagaimana? Gunakanlah aturan atau hukum Tuhan. Inti hukum Tuhan jelas. Kasih kepada Tuhan dan kasih kepada sesama. Asal dua hal ini jadi pegangan, manusia akan menggapai kesempurnaan hidup di dunia dan di akhirat nanti.

Selamat menata hidup seturut aturan yang diberikan Tuhan sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Sikap saling menghargai sesama dalam keberagaman pun bagian dari pelaksanaan hukum Tuhan. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 22/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi gambar yang jadi ilustrasi

tulisan ini

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3207716783121507?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.