Inspiration

Buat Apa Mengerahkan Massa Kalau Bisa Menang Tanpa Pasukan, Bahkan Tanpa Perang?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Ada dua inspirasi kearifan lokal faslafah Jawa yang bisa dibaca dan direnungkan secara mandiri masing-masing, tetapi juga bisa digabungkan dalam satu rangkaian. Apakah gerangan? Kita simak yuk?

Referensi pihak ketiga

Nglurug tanpa bala, menang tanpa tanding. Secara harafiah, inspirasi kearifan lokal ini berarti begini. Menyerang tanpa bala tentara (pasukan) dan memenangkan pertandingan tanpa harus dengan permainan laga. Elok bukan? Tapi ini adalah kearifan lokal Bro! Jangan dibaca harafiah dan maaf, ditelan mentah-mentah. Semua itu ada maknanya. Mari kita cerna dengan bijaksana. Hanya orang yang bijaksana saja yang bisa mencerna kearifan lokal Jawa dan akan memperoleh manfaatnya. Pasti yang begini nggak cocok buat kalangan instan zaman now, meski tidak semuanya pasti begitu loh.

Semua itu bertujuan baik kok. Dari pada suka ribut-ribut mengerahkan massa untuk meraih tujuan tertentu yang belum tentu bisa digapai, ngapain nggak pilih cara-cara yang elegan dan bijaksana dalam meraih kemenangan? Caranya kayak mana donk? Tanyamu. Inilah caranya: kerja! Buktikan dengan karya kesejahteraan, keadilan, kerukunan dan kedamaian. Itu sudah cukup untuk menarik simpati sejati. Bukan hanya dengan orasi-orasi yang ujung-ujungnya berbuah keributan, keroyokan, dan kebencian. Yang begitu sudah nggak laku! Masyarakat kita sudah kian cerdas Gan!

Jadi, inspirasi kearifan lokal ini bisa memotivasi siapa saja untuk tidak perlu mengerahkan massa demi tujuan tertentu. Kalau ada soal, mari dibicarakan dari hati ke hati dengan pihak-pihak terkait dengan kearifan dan kasih. Kecuali dalam rangka nonton bareng atau melihat laga bola bolehlah massa hadir, tapi tanpa kekerasan dan sikap anarkhis Bro! Itu baru sikap dewasa dan asli sejati anak NKRI!

Dah, gitu aja. Singkat tapi padat. Semoga menjadi berkat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 30/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi meme yang jadi ilustrasi tulisan ini

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2204033398340017?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.