Inspiration

Dahsyat! Betapa Kayanya Manusia, Maka Berbagilah dan Berpedulilah Justru Kian Berlimpah!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Ternyata, inspirasi kearifan lokal yang satu ini amat dahsyat! Tuhan menganugerahkan harta kekayaan berlimpah, namun betapa manusia tidak menyadarinya? Inilah yang diungkapkan dalam kearifan lokal ini. Bacalah sampai selesai, dan jawabannya akan ditemukan!

Referensi pihak ketiga – Sumber: pikdo.me

Ternyata manusia itu merupakan makhluk paling kaya di dunia ini. Sejak diciptakan, manusia diberi kuasa untuk mengatur dan mengelola seluruh isi bumi ini dengan bijaksana demi kesejahteraannya. Itulah sebabnya segala isi bumi inj diserahkan padanya dan tunduk padanya. Syaratnya hanya satu: kelola sebaik dan sebijak mungkin. Jangan merusaknya dengan watak rakus dan serakah.

Referensi pihak ketiga

Caranya bagaimana? Atur segala sesuatunya berdasarkan prinsip dan semangat berbagi. Jangan dikuasai sendiri. Kembangkan semangat belarasa dan berbagi. Bila itu terjadi, bahkan lima roti dan dua ikan pun akan mampu mengenyangkan sedikitnya lima orang lelaki, belum termasuk kaum perempuan dan anak-anak. Bahkan, itu pun masih sisa dua belas keranjang. Dahsyat bukan?

Maka sesungguhnya manusia itu kaya raya meski tanpa memiliki harta. Itulah makna rohani dari kearifan lokal falsafah Jawa: sugeh tanpa bandha. Kekayaan manusia tak diujur pada harta yang dimilikinya, mrlainkan dari cara menggunakan harta itu dalam sikap betbagi atas dasar iman, harapan dan kasih. Maka dari itu tudak usah ngangsa rakus lan kumawasa! Percayakan dan kelola yang ada padamu dalam semangat berbagi bersama Tuhan, Sang Sumber harta kekayaan; maka hartamu tak akan pernah habis; justru akan dilipatgandakan untuk kepentingan dan kesejahteraan banyak orang. Masih sisa lagi! Karena itu, bersyukurlah atas nikmatNya!

Referensi pihak ketiga

Demikian, terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 29/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Yoh 6:1-15

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/851586525896475?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.