Inspiration

Indahnya Berbuat Baik Sebanyak Mungkin, Bahkan Yang Sedikit Pun Berkatnya Berlipat-lipat!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Kearifan lokal ini memberi inspirasi dan memotivasi siapa saja untuk selalu berbuat baik dalam kehidupannya. Berlombalah berbuat baik sebanyak mungkin! Mengapa? Begini jawabannya.

Referensi pihak ketiga

Sapa sing gelem gawe seneng liyan iku bakal oleh piwales kang luwih gedhe tinimbang apa kang ditindakake. Artinya, barangsiapa mau berbuat baik menyenangkan sesamanya, ia akan mendapat balasan yang lebih besar lagi dibandingkan dengan yang sudah dilakukannya.

Masih tetap menarik merenungkan inspirasi falsafah Jawa ini sebagai motivasi untuk selalu berbuat baik dalam kehidupan ini. Sekecil apa pun kebaikan yang kau lakukan bagi orang lain, bernilai luar biasa istimewa bagi Tuhan, dan karenanya, akan mendatangkan balasan anugerah yang berlimpah-limpah. Itulah makna dari kearifan lokal itu.

Falsafah itu tak hanya memotivasi agar kita berbuat baik meski hanya sedikit, tetapi justru menantang semakin banyaklah berbuat baik. Kalau berbuat baik barang sedikit saja kepada sesama sudah mendatangkan berkat yang berlipat-lipat; apalagi kalau kita berbuat baik lebih banyak lagi bagi sesama. Maka, perbanyaklah perbuatan baikmu, dan kurangilah perbuatan burukmu.

Itulah motivasi yang bisa kita timba dari falsafah ini. Jadi, mari berlomba-lomba untuk melakukan perbuatan baik dalam kehidupan ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 24/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi gambar sampul artikel ini

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3243261388480021?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.