Inspiration

Inilah Indahnya Inspirasi Falsafah Ngopi, Maniskanlah yang Pahit. Nikmatilah!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Dalam artikel saya yang berjudul “Inilah Indahnya Inspirasi Ngopi, Mengolah Pikiran dan Hati. Lakukanlah! (lihat tz.ucweb.com/8_2HjYe) inspirasi ngopi sebagai singkatan memotivasi kita untuk mengolah pikiran dan hati. Nah, berikut ini terdapat inspirasi dan motivasi lain dari realitas kopi. Saya menyebutnya sebagai kearifan lokal falsafah Jawa modern. Seperti apakah? Kita simak yuk.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Urip iku kaya kopi, yen ora isa dinikmati rasane pahit. Saya menangkap, kalimat itu, sebagaimana saya kategorikan sebagai kearifan lokal falsafah Jawa modern (karena dirumuskan dalam bahasa Jawa dan dinyatakan melalui meme-meme modern). Bagiku, inilah kreativitas inspiratif yang memotivasi hidup. Maka, layak diangkat dan direfleksikan dalam tulisan kategori Inspirasi di platform ini. Inspirasi itu memotivasi siapa saja untuk menikmati hidup ini, laksana menikmati secangkir kopi. Secangkir kopi – apalagi tanpa gula – akan terasa pahit, bila diminum dengan tanpa menikmatinya. Bahkan, sudah dengan ditambah gula secukupnya, untuk orang tertentu yang tidak bisa menikmatinya, kopi tetaplah terasa pahit!

Referensi pihak ketiga – Sumber: puzz1e.blogspot.com

Nah, begitulah kehidupan. Hidup ini akan terasa pahit bila kita tidak bisa menikmatinya. Apalagi dengan segala perkara, persoalan, kekacauan, kesulitan, tantang, rintangan dan cobaan yang ada, hmmm, hidup akan terasa pahit, bahkan sangat pahit! Karena itu, baiklah kita nikmati hidup ini dengan segala keindahannya. Minimal, pahitnya kopi, masih menebarkan aroma harum dan wangi. Meski, rasanya tak seharum aromanya, justru karena hakikat kopi yang menyimpan rasa pahit, namun sangat sedap bagi yang bisa menikmatinya.

Referensi pihak ketiga – Sumber: puzz1e.blogspot.com

Maka dari itu, nikmatilah kehidupan ini dengan rasa syukur. Segala sumber perkara itu tidak datang dari luar diri kita, melainkan dari dalam diri kita yang kurang bersyukur dan kurang menikmati hidup yang pada dasarnya indah ini! Mengapa ada yang suka marah-marah? Bukan hal dari luar yang menjadi penyebabnya, Kawan! Tapi penyebab kemarahan itu ternyata dari dalam diri kita sendiri yang kurang bisa menikmati kehidupan ini apa adanya! Pikiran kita dipenuhi dengan berbagai harapan yang muluk dan tinggi, hingga saat kita sadari bahwa realitasnya berbeda, maka amarah pun meluap! Ternyata itu keliru!

Jadi, nikmatilah kehidupan ini laksana menikmati kopi yang pada hakikatnya memiliki rasa pahit, namun akan menjadi manis dan sedap saat kita mampu menikmatinya. Bagaimana menurutmu, Sobat?

Terima kasih berkenan membaca artikel ini. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua dengan manisnya kehidupan yang sejati.***

JoharT Wulirang, 2/8/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi dari meme ngopi di puzz1e.blogspot.com/2016/04/gambar-dp-bbm-ngopi-kopi.html

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3020709326015678?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.