Inspiration

Inilah Indahnya! Janganlah Bertikai Lebih Baik Bersatu demi Kesejahteraan Bersama

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Sungguh benar dan indah bahwa kita semua hidup di negeri yang gemah ripah loh jinawi. Inilah inspirasi kearifan lokal Jawa yang masih bisa dilanjutkan dengan ajakan indah pula. Kita hidup di negeri yang gemah ripah loh jinawi, mulane aja congkrah, ayo nyawiji. Lengkap sudah inspirasi falsafah Jawa itu dinyatakan. Apa arti dan maknanya?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Menurut hemat saya, menggemakan kembali falsafah Jawa yang satu ini sangat penting seiring perjalanan waktu memasuki bulan Agustus. Inspiratif sekali falsafah itu untuk mengenang dan mensyukur keberadaan bangsa kita sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang telah diproklamirkan kemerdekaannya oleh Bung Karno-Hatta, 17 Agustus 1945. Sesudah perjalanan waktu hingga saat ini, bagaimanakah kita semua sebagai warga bangsa ini menjaga NKRI yang gemah ripah loh jinawi ini?

Referensi pihak ketiga

NKRI adalah negeri gemah ripah loh jiwani. Artinya, sebagai bangsa, kita semua diberkati dengan segala sumber daya alam yang luar biasa. Tongkat dan batu pun jadi tanaman menggambarkan tanah subur kita. Apa pun bisa tumbuh subur dan memberi barokah untuk warganya. Tanah subur dan makmur ini perlu dikelola dengan baik demi kesejahteraan rakyatnya.

Itulah sebabnya, aja congkrah, ayo nyawiji. Janganlah terus bertengkar hanya demi kekuasaan. Marilah kita semua bersatu padu membangun bangsa ini sesuai dengan tugas masing-masing secara bermartabat. Itulah tantangan seluruh masyarakat.

Referensi pihak ketiga

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati bangsa kita dengan kerukunan, kemakmuran dan kesejahteraan. Bagaimana menurutmu, Sobat?!***

JoharT Wurlirang, 1/8/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3070236238258002?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.