Inspiration

Inilah Inspirasi Pembiasaan Diri yang Membuahkan Kasih, Kebaikan & Kesejahteraan, Cobalah!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Kearifan lokal yang satu ini sering disempitkan hanya soal cinta asmara, padahal sesungguhnya, lebih dalam dari itu. Ini soal pembiasaan diri yang menumbuhkan kasih pada kebaikan, bahkan kemuliaan sesudah jerih payah yang sungguh-sungguh. Sebelum saya uraiakan, coba tebak, apa kearifan lokal yang saya maksudkan ini?

Inilah kearifan lokal itu, yang biasa juga disebut paribasan tetapi juga merupakan pitutur luhur. Witing tresna jalaran saka kulina. Cinta itu bermula karena terbiasa bersama. Itu kalau paribasan ini mau ditempatkan dalam rangka cinta asmara. Sepasang lelaki dan perempuan yang terbiasa dalam kebersamaan kasih, kalau memang Tuhan menghendaki dan yang bersangkutan memutuskan, bisa menumbuhkan cinta sebagai pasangan hidup alias suami-isteri.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Namun, kebersamaa dalam cinta tak hanya soal cinta asmara, tetapi juga kerja sama yang dilandasi oleh cinta, kasih sayang dan dalam sikap saling hormat serta menghargai. Itu pun tumbuh karena terbiasa. Karena kerja sama dan sudah terbiasa, pribadi-pribadi tertentu saling mengenal dan mengerti kelebihan dan kekurangan, kekuatan dan kelemahan satu terhadap yang lain sehingga bisa semakin kompak dan solid dalam mengerjakan sesuatu, entah itu dalam urusan bisnis apalagi terutama dalam hal pelayanan demi kebaikan bagi banyak orang.

Nah, ternyata pembiasaan itu tak hanya soal asmara, tetapi juga tentang kemuliaan dalam arti kesejahteraan hidup. Maka, tak hanya witing tresna jalaran saka kulina, melainkan juga witing mulya jalaran wani rekasa. Mulya dalam bahasa jawa berarti urip mulya, yakni hidup yang sejahtera dan makmur. Hidup yang sejahtera dan makmur itu membutuhkan kerja kera Gan. Tak hanya bermalas-malas!

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Maka, orang yang mau sejahtera harus mau juga rekasa, bekerja keras bahkan membanting tulang mandi keringat. Urip mulya bisa dalam arti secara ekonomi, tercukupi dan sejahtera. Bisa juga, urip mulya untuk para pelajar dan mahasiswa adalah hidup yang ditandai belajar yang sungguh-sungguh dan tekun. Dengan demikian, hasil yang dicapaipun memuaskan dan menggembirakan baik untuk diri sendiri maupun siapa saja yang kamu kasihi dan mengasihi kamu, keluargamu, sanak kerabatmu. Gitu girls and guys!

Nah, beigtulah witing tresna jalaran saka kulia tak hanya soal cinta antarpribadi dan kerjasama penuh kasih sayang, tetapi juga pembiasaan dalam hal kebaikan. Orang yang terbiasa dengan hal-hal baik, pasti lama kelamaan juga akan menjadi baik. Ibaratnya, kamu terbiasa dengan doa, sholat, tirakat, dan puasamu, lama-lama doa, sholat, tirakat dan puasamu akan mempengaruhi kehidupanmu dan menjadi baiklah hidupmu. Apa pun agama dan kepercayaan kita, kalau kita membiasakan diri dengan hal-hal yang baik, maka, kebaikan juga akan dianugerahkan kepada kita. Sebaliknya. kalau kamu, menyukai hal-hal yang buruk, maka itu juga yang akan menjadi kebiasaanmu.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Begitu ya? Semoga jelas dan bermanfaat. Terima kasih berkenan membaca tulisan ini. Semoga bermanfaat. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua dengan kebiasaan-kebiasaan baik, sehingga kita pun dianugerahi urip mula jalaran saka kulina.***

JoharT Wurlirang, 2/8/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi gambar-gambar ilustrasi tulisan ini

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/4138783373418559?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.