Inspiration

Inspirasi Falsafah Jawa Menangkanlah Dirimu Dengan Mengalahkan Diri Sendiri, Bagaimanakah?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Tantangan terbesar yang harus dihadapi dan dimenangkan manusia adalah bisa mengalahkan diri sendiri dan semua keinginannya. Itu tidak mudah. Namun inilah tantangannya.

Referensi pihak ketiga

Inspirasi falsafah Jawa dan kearifan lokal tentang hal ini dirumuskan demikian. Wong menang iku wong sing bisa ngasorake priyanggane dhewe. Artinya, sang pemenang adalah orang yang bisa mengalahkan dirinya sendiri. Bagaimana mewujudkannya?

Inspirasi kearifan lokal ini memotivasi siapa saja untuk berjuang mengalahkan diri sendiri dan segala hasrat kehendaknya sendiri. Maka, langkah pertama harus ditempuh. Manusia harus jujur melihat diri sendiri. Apa yang menjadi keinginan-keinginan diri pribadi, egoisme dan pamrih-pamrih dalam dirinya sendiri. Sesudah itu, manusia harus mampu mengelola dan mengatasinya demi kebaikannya sendiri dan kebaikan sesamanya.

Ketika manusia mampu menaklukkan keinginan, hasrat, kehendak dan egoisme pribadi dan menempatkan kepentingan bersama sebagai yang utama, pada saat itulah sang pemenang lahir dan berjaya. Dan itu adalah Anda dan saya yang menjadi kita! Demikian, terima kasih. Semog bermanfaat. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

Kampus Ungu Unika Soegijapranata, 24/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi gambar sampul artikel ini

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/804544974074142?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.