Inspiration

Inspirasi Falsafah Jawa Menunggu Tetes Embun, Apa Maknanya? Baca & Temukan Jawabannya!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inspirasi kearifan lokal Jawa yang satu ini sangat bervariasi, namun, ada satu hal yang pantas dijadikan motivasi diri yakni agar setiap manusia pasrah terhadap pemberian Tuhan. Manakah falsafahnya? Bagaimana bisa memberi inspirasi dan motivasi kehidupan kita? Mari kita simak saja.

Referensi pihak ketiga

Adhang-adhang tetesing embun. Inspirasi pertama menjadi kritik diri siapa saja yang mengharapkan sesuatu dengan hasil seadanya. Namun itu disebabkan oleh sikap tidak bersungguh-sungguh dalam berusaha dan berkarya. Maka, hasilnya juga biasa-biasa saja. Inspirasi lain, masih pula bersifat kritik diri, yakni bagi mereka yang hanya menunggu dan mengharapkan bantuan orang lain. Yang namanya bantuan ya seadanya. Pastilah pada kadar tertentu tidak akan sesuai dengan harapan yang bersangkutan.

Referensi pihak ketiga

Nah, inspirasi yang ketiga, ini memberi motivasi yang positif. Makna pitutur luhur itu, sebagaimana tampak dalam tulisan pada gambar terlampir, berisi suatu ajakan untuk pasrah terhadap pemberian Tuhan (pasrah peparing Gusti). Pasrah terhadap pemberian Tuhan dilakukan dalam cara yang positif dengan tetap berusaha sekuat tenaga demi suatu hasil yang baik. Pasrah peparing Dalem Gusti dengan disertai niat dan tekad upaya yang terbaik. Dalam arti inilah, pitutur luhur ini memberi cambuk inspiratif dan memotivasi siapa saja untuk selalu sadar akan daya kekuatan Tuhan dalam kehidupan. Adhang-adhang tetese embun dalam paradigma iman berarti percaya bahwa rencana Tuhan pasti lebih baik dari rancangan manusia. Itu makna positifnya. Maka, baiklah makna positif inilah yang kita pilih sebagai inspirasi dan motivasi hidup dari kearifan lokal Jawa ini.

Referensi pihak ketiga

Demikianlah, semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua dengan segala rahmat yang kita butuhkan, seturut kehendakNya.***

JoharT Wurlirang, 25/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Pitutur Luhur Budaya Jawa (2017:2-3)

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/4188996012177757?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.