Inspiration

Inspirasi Kearifan Lokal Tentang Pemimpin Yang Mempersatukan Demi Perdamaian, Bagaimana?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Dalam artikel berjudul “Inilah 7 Inspirasi Kearifan Lokal Sultan Agung Hanyokrokusuma, Siapakah Mengemban Amanah?” (lihat tz.ucweb.com/7_3uJHX) saya gemakan 7 inspirasi kepemimpinan dari Sultan Agung Hanyokrokusuma. Berikut dalam artikel ini, ijinkan saya memberi fokus pada prinsip ketujuh. Masih ingat? Yang seperti apa? Kita simak yuk.

Referensi pihak ketiga

Prinsip ketujuh inspirasi kepemimpinan menurut Sultan Agung adalah Smara-bhumi Adi-manggala. Sebagaimana kita ketahui, prinsip itu berarti bahwa seorang pemimpin haruslah memiliki tekad juang lestari menjadi pelopor pemersatu dari pelbagai kepentingan yang berbeda-beda dari waktu ke waktu, serta berperan dalam perdamaian dunia dan segala bangsa. 

Nah, prinsip ini menurutku sangat penting. Persatuan dan kesatuan seraya menghargai keberagaman itu amat vital dan fundamental dalam hidup bersama. Dari persatuan dan kesatuan akan mengalir perdamaian dunia. Justru karena pentingnya peran pemimpin dalam rangka persatuan dan perdamaian umat manusia dan dunia. Dalam aspek ini, pemimpin harus menjadi promotor bukannya sebaliknya.

Bagaimana caranya? Sederhana tapi sulit, yakni dengan cara mendengarkan. Mendengarkan justru terhadap pihak-pihak yang berbeda pandangan dan pendapat dengan kita. Untuk itu dibutuhkan duduk bersama dalam suasana yang merdeka.

Demikian, terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua dengan rahmat smara-bhumi adi-manggala.***

JoharT Wurlirang, 27/7/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2188465428468807?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.