Inspiration

Inspirasi Permana Ing Jati, Ketika Manusia Berada Hanya Bersama Tuhan dalam Setiap Karya!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inspirasi kearifan lokal ini amat dalam maknanya. Secara rohani bisa dibilang inilah salah satu bentuk dan buah dari pengalaman mistik! Mari kita nikmati saja.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Pramana ing jati. Apa artinya? Pramana ing jati adalah manusia yang sudah mengalami kesejatian hidup. Dalam mistik Kejawen, manusia yang sudah mengalami pramana ing jati akan menghayati hidupnya melulu sebagai laku. Laku itu bukan aktivitas penuh hiruk pikuk kesibukan melainkan dinamika hidup harian dengan segala perutusan dan karya kerasulan yang dihayati sebagai doa tiada henti bersama Tuhan.

Apa pun tugas perutusan dan karya pelayanannya, di mana pun hal iyu dijalani, semuanya dilakukan dalam kesadaran akan Tuhan. Mata, telinga, hidung, bibir, dan pori-pori hidupnya memandang, mendengarkan, mengaroma, mewartakan dan meluapkan kasih Tuhan kepada sesama dan semesta.

Dalam diri manusia pramana ing jati tak lagi terpikir akan cacian, pujian, hujatan, sanjungan, apalagi imbalan. Tidak! Semua dan segala sesuatunya dilakukan melalu karena dan demi kasih kepada Tuhan, sesama dan semesta. Ia nikmat dalam sepi, bahagia dalam hening, tetap hening dalam keramaian; melakukan semua sebagai memang harus dilakukan sebagai perutusan, bukan sebagai pemenuhan diri. Mengapa? Sebab segala sesuatunya justru meluap dari diri yang penuh oleh berkah dari Sang Pencipta. Ia menyadari tanpa menilai apalagi menghakimi. Ia juga merdeka tanpa kecemasan dan ketakutan sebab keberadaan adalah kehidupan dalam kesadaran akan kasih Tuhan.

Dalam kebersamaan dengan Tuhan sebagai sumber segala daya kekuatannya, manusia tak lagi mengandalkan kekuatannya sendiri. Semua hal baik adalah karya Tuhan sendiri, segala kekurangan yang ada merupakan bagian dari kemanusiaannya sendiri tanpa pernah menyalahkan Tuhan dan liyan, melainkan justru kian membuatnya rendah hati membenamkan dirinya dalam DiriNya.

Begitulah makna inspirasi kearifan lokal Jawa permana atau pramana ing jati. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua dengan kesadaran jernih dan kedalaman kasih.***

JoharT Wurlirang, 29/7/2018 Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Mistik Kejawen (2018:158) dan Awareness (1998:74)

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2992297874533333?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.