Inspiration

Janganlah Serakah, Melainkan Jadilah Berkah, Seperti Apa Inspirasi Falsafah Jawanya?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Kearifan lokal falsafah Jawa ini mengajarkan kepada siapa saja untuk hidup sederhana, tidak serakah. Syukur bahwa hidup ini bisa menjadi berkah bagi banyak orang.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Maka, kearifan lokal Jawa mengajarkan, urip iku sak madya wae. Apa anane, ora usah ngangsa. Begitulah nasihat selengkapnya. Namun, sering hanya dikatakan, urip sak madya wae. Hidup tidak serakah, terutama dalam hal harta, kuasa, dan pangkat. Kalau bisa justru apa yang ada pada manusia itu disyukuri sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa dan kemudian dimanfaatkan dalam rangka kemanusiaan, keadilan, kebaikan dan kesejahteraan.

Referensi pihak ketiga

Hidup yang sederhana, tanpa dilandasi keserakahan juga diungkapkan dengan tekad bahwa segala sesuatunya itu cukup. Wis cukup! Karena sudah cukup, maka juga tidak angkara murka apalagi menghalalkan segala macam cara. Itu sangat berbahaya sebab bisa jadi membuat yang bersangkutan gelap mata dan mati nurani sehingga jatuh dalam jerat dosa korupsi dan menipu sana-sini.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Demikianlah, semoga kearifan lokal ini memberi inspirasi dan motivasi kepada siapa saja untuk hidup sak madya. Singkatnya, janganlah serakah, jadikanlah hidup sebagai berkah bagi siapa saja dan di mana saja. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua dengan kearifan hidup sak madya!***

Kampus Ungu Unika Soegijapranata, 1/8/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi meme ilustrasi tulisan ini

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1614701933259915?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.