Inspiration

Mengejar Yang Sia-Sia? Bacalah Sebentar Saja, Inilah Jawabannya, Jangan!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Betapa mudahnya manusia memburu hal-hal yang sia-sia di dunia ini. Padahal hanya satu hal yang terpenting dalam kehidupan ini? Dan itu ada di depan mata, namun dengan mudah kita tak menyadarinya. Maka, falsafah Jawa ini mengingatkan kita. Aja mburu kidang mlayu. Apa artinya?

Referensi pihak ketiga

Dalam pitutur luhur budaya Jawa, ungkapan aja mburu kidang mlayu dirumuskan pula dengan kalimat ini, Mburu kidang lumayu. Secara harafiah, kalimat itu berarti mengejar kijang yang sedang berlari kencang. Ini untuk mengambarkan manusia yang mengejar hal-hal yang mustahil, bahkan sia-sia belaka. Begitulah falsafah Jawa ini merupakan kiasan yang memberi inspirasi dan motivasi agar manusia hidup dalam kesadaran penuh atas kehidupannya.

Referensi pihak ketiga

Mengapa harus mengejar hal-hal yang sia-sia di dunia? Padahal kebahagiaan itu ada di hati Anda? Raihlah dengan menyadari, mengerti, memahami dirimu sendiri, lalu bersyukurlah! Berhabagialah bersama orang-orang yang mengasihi dan kau kasihi! Hidupmu, keluargamu, sahabat-sahabatmu; bukan pekerjaan dan kesibukanmu! Barangsiapa paham, silahkan paham. Barangsiapa mengerti, silahkan mengerti! Dah, gitu aja!

Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua dengan kesadaran diri berharga di mataNya!***

Kampus Ungu Soegijapranata, 25/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Pitutur Luhur Budaya Jawa (2017:249-250)

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2227403174045029?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.