Inspiration

Apakah Makna Falsafah Jawa Tumpeng Kamardikan? Inilah Jawaban Saya! Bagaimana Menurutmu?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Syukur kepada Allah kita merayakan Hari Ulang Tahun ke-37 Kemerdekaan Bangsa Indonesia sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam kearifan lokal falsafah Jawa, perayaan HUT Kemerdekaan ditandai dengan selamatan dan syukur melalui tumpeng kamardikan. Mengapa tumpeng kamardikan? Inilah jawabannya.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Tumpeng dalam falsafah Jawa adalah nasi yang ditata sedemikian rupa menjadi semacam gunungan. Tumpeng sendiri merupakan singkatan tumindak kang mempeng. Tumindak kang mempeng adalah bekerja keras. Kerja keras itulah perjuangan para pendiri bangsa ini dengan mempertaruhkan jiwa raga untuk meraih kemerdekaan. Kerja keras hendaklah juga kita lakukan demi mengisi kemerdekaan untuk kesejahteraan.

Kesejahteraan itulah yang dilambangkan dengan nasi tumpeng dan semua uba rampenya. Ada beraneka lauk pauk dan sayuran gudangan yang terdiri dari tujuh macam ragam. Angka 7 dalam bahasa Jawa disebut pitu yang memiliki filosofi pitulungan, yakni pertolongan dari Tuhan. Selain itu juga menjadi penanda agar kita pun saling menolong satu terhadap yang lain. 

Lauk pauk dan sayur mayur aneka ragam melambangkan keberagaman yang dipersatukan dalam satu tekad mewujudkan kesejahteraan. Bhinneka tunggal ika tan hana dharma mangwra. Maka nasi tumpeng pun bisa diberi warna kuning atau merah atau putih atau merah putih sebagai tanda kemerdekaan dalam keberagaman. 

Demikian makna falsafah Jawa tumpeng kamardikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati bangsa kita dengan kerukunan, keadilan dan kesejahteraan. Merdeka!***

Otw Semarang-Jogya, 17/8/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1745848603711240?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.