Inspiration

Bersikaplakulah Laksana Matahari! Inspirasi Laku Hambeging Surya!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Masih ada satu lagi padanan gambaran perilaku manusia terkait dengan anasir di angkasa, yakni perilaku laksana surya. Jadi, ada bulan, bintang, dan ada matahari. Bagaimana pitutur luhur falsafah Jawa menggambarkannya?

Referensi pihak ketiga

Rumusannya sama polanya dengan yang lainnya yakni laku hambeging surya. Surya adalah matahari. Apa maksudnya? Laku hambeging surya berarti bertindak dengan rasa-pangrasa surya. Manusia hendaknya bertindak sebagai seorang yang memberi inspirasi dan motivasi laksana matahari. Bagaimana caranya?

Referensi pihak ketiga

Matahari itu memberikan panas bagi semesta dan seisinya. Matahari memberi energi. Panas matahari bisa.membakar apa saja yang.disengat dengan sinarnya. Kulit dan wajah manusia pun bisa menjadi gosong oleh terik matahari. Dahsyat bukan?

Referensi pihak ketiga

Nah, manusia diharapkan memiliki laku hambeging surya agar memberi inspirasi dan motivasi satu terhadap yang lain. Ia bisa mengarahkan, mendorong, membuka ruang dan peluang bagi yang lain untuk maju dan berkembang. Cirinya, ia memiliki kreaitivitas tinggi bukan bagi dirinya sendiri melainkan bagi yang lain.

Begitulah makna laku hambeging surya. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 13/8/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Pitutur Adi Luhur (2009:265)

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1151002197046594?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.