Inspiration

Dashyatnya Tekad Memberantas Kejahatan dalam Falsafah Jawa. Jangan Takut, Lawanlah!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Ambrasta dur angkara! Begitulah kearifan lokal falsafah Jawa ini diwariskan kepada siapa saja yang mau mewarisi dan mewujudkan dalam kehidupannya. Apa arti dan maknanya?

Referensi pihak ketiga

Ambrasta dur angkara merupakan tekad dan niat yang terwujud dalam perilaku seorang ksatria untuk bangsa dan masyarakatnya. Seorang ksatria wajib menjaga kedamaian, ketentraman, dan keamanan bangsa dan warganya. Itulah tugas utamanya. Dan ksatria itu bisa pemimpin, para staf dan seluruh jajaran aparatus negara. Mereka berkewajiban untuk ambrasta dur angkara.

Referensi pihak ketiga

Nasihat ini memberi inspirasi dan motivasi kepada kita untuk tidak takut melawan kejahatan. Bahkan, jiwa ksatria itu juga harus tumbuh dalam diri setiap warga bangsa yang masih waras untuk menjaga dan melawan siapa saja yang hendak merusak masa depan bangsa. Maka, ambrasta dur angkara itu merupakan sikap yang harus dijiwai oleh seluruh masyarakat kita yang mengaku mencintai Tanah Air Indonesia.

Referensi pihak ketiga

Demikian, singkat, jelas, padat. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua dengan semangat ambrasta dur angkara di sekitar kita dan juga dalam diri kita sendiri.***

JoharT Wurlirang, 6/8/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi falsafah Jawa

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3866484616305207?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.