Inspiration

Indahnya Menjalani Kehidupan yang Bersih, Agar Mulialah Hidup Kita. Mengapa dan Bagaimana?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Setiap manusia apa pun agama dan kepercayaannya merindukan dan mendambakan hidup yang bermartabat. Hidup yang bermartabat itulah yang disebut hidup mulia.

Referensi pihak ketiga

Sing resik uripe bakal mulya. Barangsiapa hidupnya bersih, ia akan mulia. Kearifan lokal falsafah Jawa ini menjadi inspirasi bagi siapa saja untuk menghayati hidup yang bersih. Hidup bersih itu yang seperti apa, mengapa dan bagaimana?

Sebagai manusia, kita menyadari dengan rendah hati bahwa tak seorang pun manusia itu sempurna. Ada kelemahan, kekurangan bahkan kedosaan dalam diri manusia. Namun manusia tak boleh larut dalam kelemahan, kekurangan dan kedosaannya. Selemah, sekurang, dan seberdosa apa pun manusia, Tuhan memanggil manusia untuk hidup dalam kekudusan, kesucian dan kesempurnaan.

Referensi pihak ketiga

Karena itu, manusia dengan segala cara upaya, apa pun agama, kepercayaan dan kebudayaannya, berusaha untuk menggapai hidup yang sempurna. Setiap agama dan kepercayaan bahkan kebudayaan manusia memberikan kearifan-kearifan serta ajaran untuk menggapai kesempurnaan hidup. Di situlah manusia berusaha agar resik uripe demi kemuliaan hidupnya.

Maka yang terpenting di sini adalah sikap untuk saling menghargai dan saling menghormati satu terhadap yang lain. Cara pandang dan paradigma positif untuk menggapai kesempurnaan hidup bukan pada diri manusia sendiri, melainkan dengan senantiasa mengarahkan hati, budi dan seluruh hidup kepada Tuhan yang Maha Esa.

Referensi pihak ketiga

Demikian refleksiku tentang kearifan lokal sing resik uripe bakal mulya. Mari terus berusaha menjaga hati, hidup dan sikap yang bersih. Jalan terbaik untuk itu adalah dengan mengandalkan belas kasih dan kerahiman Tuhan, apa pun agama, kepercayaan dan kebudayaan kita. Mari saling menopang dan memperkaya. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 9/8/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi falsafah Jawa

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1322554298998716?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.