Inspiration

Ingatlah! Dari Mana Berasal & Ke Mana Berakhir? Tuhan Saja!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Barangkali tampak naif kalau tiba-tiba kita bicara tentang asal-usul dan tujuan hidup kita dan menyebut Tuhan sebagai asal dan tujuan kita. Namun tunggu dulu Kawan. Bukankah memang demikian ajaran semua agama dan kepercayaan di dunia ini?

Referensi pihak ketiga

Wah, ini bisa menjadi masalah bagi Kawan-Kawan lain yang mungkin tidak mengakui keberadaan Tuhan. Sebentar, di mana kita hidup dan ke mana kita akan disemayamkan sesudah kematian kita? Bukankah di Bumi Pertiwi Indonesia yang menyebut Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai sila pertama Pancasila, dasar negara kita? Wajarlah kalau Tuham kita imani sebagai asal dan tujuan hidup kita, entah dengan cara apa pun kita mengakui atau tidak mengakuiNya, entah cara bagaimana kita menyebut NamaNya!

Inilah asyiknya hidup di Negara Kesatuan Republik Indonesia dan dipandang dari perspektif falsafah Jawa. Segala sesuatu bisa didamaikan dengan harmoni dan keselarasan, ayem tentrem, kerta raharja. Itulah sebabnya kearifan lokal itu muncul dan bisa memberi inspirasi dan motivasi hidup kita. Bahkan, inspirasi dan motivasi dalam hal-hal yang bersifat rohani macam begini. Yang penting eling asale lan eling baline!

Semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 3/8/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
http://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1515803639872183?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=app_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.