Inspiration

Inilah Lima Kearifan Lokal Falsafah Jawa dalam Satu Gambar. Apa Maknanya? Bacalah!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Saya dapatkan meme yang berisi sejumlah kearifan lokal falsafah Jawa ini. Satu gambar namun di dalamnya ada beberapa pitutur luhur yang luar biasa istimewa. Itulah yang memberi inspirasi padaku. Semoga memberi inspirasi dan motivasi juga bagi kamu. Kita simak yuk.

Referensi pihak ketiga

Mari kita baca kearifan-kearifan lokal falsafah Jawa yang ada dalam meme itu. Berikut transkripnya, meski kamu juga bisa langsung membaca di gambar itu juga.

“Eling lan mawas dhiri, jangan merasa paling benar, paling pintar, paling mulia. Aja dumeh,. Bisalah merasa jangan merasa bisa. Sedikit bicara atau lebih baik diam.”

Begitulah lima falsafah yang dijadikan satu dalam meme itu. Yang pertama paling atas, dicantumkan tentang bersikap selalu ingat dan mawas diri. Biasanya eling dihubungkan dengan waspada. Namun dalam meme itu, eling juga dihubungkan dengan mawas diri. Tentu dengan mawas diri (introspeksi) lalu kita bisa selalu bersikap waspada.

Referensi pihak ketiga

Lalu tulisan kedua, tentang jangan meras paling benar, pintar, dan mulia. Itu terkait dengan tulisan ketiga aja dumeh. Biasanya aja dumeh dihubungkan dengan aja adigang, adigung lan adiguna. Ini kaitannya dengan kekuasaan dan jabatan.

Tulisan keempat dan kelima saling terkait yakni twntang rumangsa bisa, bisaa rumangsa. Karena itu lebih baik sedikit bicara atau lebih baik diam.

Referensi pihak ketiga

Menarik sekali bahwa pembuat meme ini mencantumkan kelima kearifan itu menjadi satu sehingga ibarat laksana pancasila ada lima pitutur dalam satu desah nafas menjadi pola hidup kita. Inspirasi ini memotivasi siapa saja untuk maju dalam kesempurnaan hidup seturut falsafah Jawa. Dari semuanya itu, yang paling adalah eling lan awas diri. Itulah sebabnya ditempatkan sebagai yang pertama.

Demikian, terima kasih. Semoga bermanfaat. Sekali baca dapat lima falsafah Jawa. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

Johart Wurlirang, 5/8/2018

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan meme ilustrasi tulisan ini

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3441745441302591?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.