Inspiration

Inspirasi Laku Hambeging Samirana, Nyata dalam Presiden Jokowi, Mengapa? Ini Jawabannya!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Tujuh dari delapan tentang laku hambeging manusia sudah kita refleksikan secara khusus yakni (candra bulan lihat di tz.ucweb.com/8_3ahmr, kartika bintang tz.ucweb.com/8_3ciaD, surya-matahari tz.ucweb.com/8_3cqNP, dahana api tz.ucweb.com/8_3aPQj, kisma tanah tz.ucweb.com/8_3cysK, tirta air tz.ucweb.com/8_3epUr, samodra lautan tz.ucweb.com/8_3dr5e). Masih ada satu lagi yakni laku hambeging samirana angin. Seperti apakah? Mari kita simak.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Laku hambeging samirana itu sikap hidup yang ditandai rasa pangrasa angin. Siapa saja yang laku hambeging maruta bisa menempatkan diri di mana saja dan dalam situasi apa saja. Laksana angin, ia berada di mana saja dari akar rumput hingga para petinggi elit. Ia juga tak mudah dipengaruhi orang lain yang tidak sejalan dengan dirinya namun juga tidak ada rasa benci atau antipati. Maka, ia bisa bekerjasama dengan siapa saja.

Saya tertarik untuk menempatkan laku hambeging samirana ini dalam diri sosok pemimpin kita saat ini, yakni Presiden Jokowi. Sangat mengesankan bahwa Jokowi selalu blusukan seperti angin. 

Referensi pihak ketiga

Sebagaimana dilansir Tribunnews (14/8), baru-baru ini kita baca, Jokowi ada di antara para korban gempa di Lombok. Jokowi kembali mengunjungi pengungsi korban gempa bumi di Lombok bahkan berboncengan naik motor trail dengan Gubernur NTB TGB M Zainul Majdi meninjau pengungsi di Dusun Terengan, Desa Pemenang Timur, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Para pengungsi pun menyambut dengan penuh antusias. Bahkan, ratusan warga terdampak gempa Lombok sudah menunggu sejak pagi untuk berebut bersalaman dengan Presiden Jokowi. Jokowi pun lantas menyambangi posko pengungsian satu per satu. Sesudah bermalam di Lombok, siangnya, Jokowi kembali ke Jakarta untuk memimpin rapat terbatas tentang strategi kebijakan memperkuat cadangan devisa demi kepentingan rakyat dan bangsa. Sore harinya, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-57 Tahun 2018 yang dihelat di Lapangan Gajah Mada Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur. 

Itulah contoh sosok pemimpin yang menghayati laku hambeging maruta. Semua dilakukan dalam rangka mengabdi masyarakat, bangsa dan negara; bukan demi syahwat kekuasaan apalagi untuk memperkaya dirinya sendiri dan keluarganya! Sungguh luar biasa istimewa laku hambeging samirana.

Referensi pihak ketiga

Bagaimana menurut Anda? Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua dengan anugerah laku hambeging samirana.***

JoharT Wurlirang, 15/8/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Pitutur Adi Luhur (2009:264) dan Tribunnews.com (14/8/2018)

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2029100093487832?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.