Inspiration

Inspirasi Menang Berjiwa Kesatria yang Mulia; Mengapa Harus Menjadi Pecundang yang Curang?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Falsafah Jawa ini merupakan ajaran seorang kesatria. Lebih baik menanggung kekalahan atau kerugian secara kesatria dari pada menggapai kemenangan dan meraih keuntungan tetapi dengan cara-cara yang tidak halal atau justru menghalalkan segala cara. Seorang kesatria menjauhkan diri dari cara-cara curang. Ia memang dalam jiwa kesatria yang mulia!

Referensi pihak ketiga

Kearifan itu dirumuskan dengan pitutur luhur ini: Aluwung kalah wang tinimbang kalah wong. Memang, sewajarnya bahwa dalam kehidupan ini, setiap orang ingin meraih kemenangan, menggapai keuntungan, dan memperoleh kebahagiaan. Namun ada cara yang kesatria untuk memperoleh semuanya itu dalam kebenaran, kebaikan dan kejujuran.

Referensi pihak ketiga

Oleh sebab itu, cara-cara yang bermartabat, yang terhormat dan luhur mulia harus diutamakan. Bukan dengan cara-cara kampungan bermain curang menghalalkan segala cara. Keutamana, ketulusan, kejujuran, kebenaran dan keadilan adalah sifat-sifat dasar kesatria dalam meraih kemenengan. Itulah yang membuat seorang kesatria juga siap menerima kekalahan secara dewasa.

Referensi pihak ketiga

Sekarang ini, masyarakat kita sudah sangat cerdas, bisa memilih mana kesatria yang berjiwa mulia dan sahaja daripada para pecundang yang hobi bermain curang dan hanya jago kandang. Rakyat sudah tak lagi mempan terus-menerus dijadikan kurban pembodohan dan kecurangan sekelompok oknum yang haus kekuasaan. Dalam aspek ini, ibarat becik ketitik ala ketara, begitulah masyarakat luas melihat mana dan siapa kesatria, dan mana siapa pecundang belaka.

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua dengan jiwa dan watak kesatria.***

JoharT Wurlirang, 7/8/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Pitutur Luhur Budaya Jawa (2017:27-28)

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1036847467230308?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.