Inspiration

Janganlah Merasa Diri Paling Baik, Benar dan Gagah Sendiri! Sadaralah Asalmu dari Tanah!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Godaan manusia adalah jatuh dalam kesombongan. Kesombongan itu diungkap secara unik dalam kearifan lokal ini dan kemudian diikuti dengan peringatan agar sadar diri. Nah, seperti apakah dan bagaimanakah itu dirumuskan dan bisa direfleksikan?

Referensi pihak ketiga

Ora usah gembagus utawa gembagah, eling yen bakalmu mung seka lemah, dudu watu, wesi utawa banyu kawah. Terjemahannya begini. Tidak usah merasa diri paling ganteng dan paling gagah. Sadarlah bahwa manusia berasal dari tanah, bukan batu, besi atau air magma. Ini adalah kearifan, maka jangan diterima secara mentah. Harus dimaknai agar menjadi barokah.

Kearifan itu menjadi pitutur luhur yang mengajak siapa saja untuk bersikap rendah hati, jangan gembagus lan gembagah. Jangan merasa paling nggantheng dan paling gagah sebab asalmu hanya dari tanah! Pitutur luhur ini sesungguhnya sangat dahsyat menampar wajah hati siapa saja yang hobi meremehkan dan merendahkan orang lain. Alih-alih meremehkan dan merendahkan orang lain, baiklah kita bersikap rendah hati dan santun dalam hidup bersama orang lain.

Dah, gitu ajah. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 9/8/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2202270839215338?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.