Inspiration

Meski Hidup Ini Rumit, Jangan Pernah Menyerah; Utamakan Kepentingan Lebih Luas!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Siapa bilang hidup itu serba mudah? Oh, tidak! Namun demikian jangan pernah menyerah! Pitutur luhur kearifan lokal falsafah Jawa menegaskan, ayo tansah ngudi kabecikan, senadyan urip kebak ing kangelan! Apa arti dan maknanya?

Referensi pihak ketiga

Kendati hidup ini penuh dengan kesulitan, mari selalu mencari kebaikan dan kebajikan. Ada banyak hal yang tak terduga dalam kehidupan ini. Apalagi kalau diukur dengan egoisme dan kepentingan diri sendiri. Maka, kita harus selalu bersiap diri melepaskan kepentingan diri sendiri dan berpikir dalam perspektif yang lebih luas.

Ambillah contoh peristiwa baru-baru ini. Ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan calon wakil presiden, bahwa cawapres untuk Pilpres 2019 nanti adalah Prof Dr KH Ma’aruf Amin, banyak pihak yang kecewa. Saya bisa memahami kekecewaan itu. Namun ada pelajaran pentik dan inspiratif justru dari calon lain yang diharapkan sebagian pendukung Jokowi yakni Mahfud MD. Bapak Mahfud MD menjadi negarawan sejati saat beliau menegaskan bahwa demi kepentingan negara, beliau mendukung pilihan Presiden Jokowi.

Inilah salah satu contoh aktual menerima kenyataan sulit demi kebajikan dan kebaikan lebih luas. Keadaan kian sulit, keputusan harus diambil demi kebaikan masa depan kehidupan bangsa. Kita semua harus berusaha keras menjaga kebaikan meski keadaan sulit sekalioun. Caranya? Tanggalkan kepentingan pribadi, utamakan kepentingan lebih luas. Itu resepnya menurut falsafah Jawa.

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

Soto Sedeep Jambu, 12/8/2018

Sumber: refleksi prinadi

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1067811625642779?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.