Inspiration

Rumitnya Kejahatan dan Kebaikan, Tak Usah Dirisaukan. Serahkan pada Tuhan!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Baik buruk dalam kehidupan itu selalu saling terkait meski tidak merupakan sebab akibat. Kaitan antara baik dan buruk dalam kehidupan manusia harus dipandang sebagai kehendak Tuhan. Nah, apa maksudnya?

Referensi pihak ketiga

Pastinya, Tuhan selalu menghendaki kebaikan dalam kehidupan ini. Mengapa? Sebab sejak awal mula Tuhan menciptakan bumi dan seisinya ini baik adanya. Bahkan manusia diciptakan dalam keadaan amat baik adanya. Manusia diciptakan seturut gambar dan rupa Allah, secitra denganNya.

Lalu mengapa ada kejahatan, sakit penyakit, bencana, musibah, penderitaan, bahkan kematian? Nah, inilah yang dijawab oleh kearifan lokal ini. Kebaikan dan keburukan ada bersama, semua terjadi seturut kehendakNya. Dalam hal kejahatan harus dipahami bahwa kejahatan tidak pernah berasal dari Tuhan karena Tuhan adalah sumber kebaikan. Namun, semua yang masuk dalam kategori kejahatan itu ada dan terjadi tak lepas dari kehendak Tuhan. Dan di balik semua itu, Tuhan selalu menghendaki kebaikan.

Dalam Nostra Aetate dikatakan, dari pelbagai agama dan kepercayaan, manusia mengharapkan jawaban tentang teka-teki keadaan manusiawi yang tersembunyi, yang seperti di masa silam, begitu pula sekarang ini, menyentuh hati manusia secara mendalam: apakah manusia itu? Manakah makna dan tujuan hidup kita? Manakah yang baik dan apakah dosa itu? Dari manakah asal penderitaan dan manakah tujuannya? Manakah jalan untuk memperoleh kebahagiaan yang sejati? Apakah arti maut, pengadilan dan pembalasan sesudah mati? Akhirnya apakah Misteri terakhir dan tak terperikan itu, yang merangkum keberadaan kita, dan menjadi asal serta tujuan kita?

Karenanya, dalam untung maupun malang, keadaan baik maupun buruk, manusia mestinya dan seharusnya terarah kepada Tuhan Allah. Itulah makna dari kearifan lokal Jawa ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

Cawas, Klaten, 4/8/2018

Sumber: reflwksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1338677085322470?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.