Inspiration

Susahnya Hidup Yang Tak Mudah Harus Tetap Dijalani. Berserahlah kepada Allah!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Hidup itu memang tidak mudah Kawan! Itu sudah diantisipasi oleh kearifan lokal falsafah Jawa yang mengatakan bahwa urip iku ora gampang. Lalu harus bagaimana?

Referensi pihak ketiga

Pelantun lagu bilang: aja padha nelangsa, urip pancen rekasa. Urip pancen angel, mulane ora usah ngomel! Syair lagu itu seakan hendak menjawab dan membenarkan pitutur luhur falsafah Jawa bahwa hidup tidaklah mudah! Karena hidup itu tidak muda, makanya jangan putus asa. Tidak usah sakit hati (nelangsa). Juga, nggak usah ngomel. Nelangsa dan ngomel hanya karena hidup itu susah tak akan menyelesaikan masalah. 

Maka, alih-alih nelangsa dan ngomel, mengapa tidak menikmati hidup ini dengan penuh syukur? Hidup yang tidak mudah mestinya dijalani dengan sikap berserah kepada Allah. Percayalah, kalau kita angkat tangan dan mengarahkan hati kepada Tuhan, maka Tuhan pun akan turun tangan memberikan pertolongan.

Dalam hal ini, saya belajar dari seorang ibu yang berseru kepada Tuhan meminta bantuan, namun Tuhan tampaknya diam. Bahkan seakan menolak dengan kalimat, “Tidak layak melemparkan makanan kepada seekor anjing!” Namun ibu itu penuh iman bilang, “Biarlah anjing pun makan dari remah-remah yang jatuh dari meja tuannya. Itu cukup!”

Dan begitulah, seluruh harapan dan doa ibu itu terkabul seketika! Anaknya yang sakit pun sembuh secara ajaib. Itulah mujizat di tengah hidup yang tidak mudah, namun jangan menyerah. Berserahlah hanya kepada Allah!

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan membetkati kita semua.***

Seminari Tinggi St Paulus Jogya, 8/8/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1923627425291911?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.