Inspiration

Tenangkanlah Pikiran, Tenteramkanlah Hati, Percayalah kepada Tuhan! Gusti Allah Boten Sare

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Seringkali pikiran kita bisa tenang dan karenanya hati kita juga tidak tentram. Padahal Tuhan selalu ada bersama kita, menyertai kita dan menjaga kita dari segala mara bahaya. Tentu, syaratnya hanya satu, yakni percaya, apa pun agama dan kepercayaan kita!

Referensi pihak ketiga

Tentant hal ini, pitutur luhur falsafah Jawa memberikan inspirasi dan motivasi dengan falsafah dan kearifan lokalnya. Dalam bentuk nasihat, kearifan lokal itu dirumuskan begini. Tenangna pikirmu, ayemna atimu, Gusti Allah mboten sare. Apa artinya? Arti itu ada dalam terjemahannya sebagai berikut. Tenangkanlah pikiranmu. Tentramkanlah hatimu. Tuhan Allah tidak tidur.

Nah loh, maka kita semua, apa pun agama dan kepercayaan kita, tak bisa tidak hanya bisa percaya. Tak ada yang bisa membuat pikiran kita tenang dan hati kita tentram selain percaya hanya kepada Tuhan Allah saja dan mengandalkan kekuatanNya.

Makanya ada doa dalam Mazmur yang menyerukan: Hanya pada Tuhanlah, hatiku tenang! Tak tempat berteduh lain kecuali di dalam naungan Tuhan yang membuat pikiran tenang dan hati jiwa kita tentram! Jadi, tunggu apa lagi, mari kita serahkan hidup kita hanya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua dengan pikiran tenang dan hati tentram.***

JoharT Wurlirang, 10/8/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3495901493589778?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.