Inspiration

Ternyata! Sudah Tidak Zamannya Lagi Sing Waras Ngalah, Tapi Katakan Dengan Kasih!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Kearifan lokal Jawa mengatakan sing waras ngalah! Di tengah arus kehidupan yang ditandai oleh kekerasan, ujaran kebencian, hoax-kebohongan ini, kearifan lokal itu harus dikoreksi. Mengapa?

Referensi pihak ketiga

Zaman now tidak memungkinkan lagi ungkapan sing waras ngalah dipertahankan. Sing waras harus berani berbicara demi menyatakan kebenaran, keadilan dan kerukunan. Jangan mau dirusak oleh ketidakwarasan yang memutarbalikkan fakta kebenaran, keadilan, kerukunan dan kesejahteraan.

Zaman sudah berubah. Kita tidak boleh membiarkan ketidakwarasan menguasai kehidupan kita. Maka sing waras aja ngalah. Beranilah berbicara demi kebenaran, keadilan, kerukunan dan kesejahteraan. Dengan berani mengatakan kebenaran sebagai kebenaran kita juga membantu masyarakat kita menjadi lebih sehat, adil, rukun dan sejahtera.

Referensi pihak ketiga

So, bagaimana girls and guys? Kalau Anda benar dan waras, ayo beranilah menyatakan kebenaran itu. Jangan diam saja. Kalau Anda diam, berarti Anda pun akan turut bertanggungjawab atas kerusakan dan kehancuran yang lebih besar lagi dalam kehidupan ini.

Tentu saja, menyatakan kebenaran juga tak perlu dengan cara yang vulgar. Maka orang Jawa mengatakan, ana rembug dirembug kanthi becik. Tapi harus dirembug. Jangan dibiarkan. Jangan didiamkan. Dan rembugan itu dilakukan dalam semangat cinta kasih dan kerukunan. Bukan dengan cari menang-menangan tetapi demi kebaikan itu sendiri.

Referensi pihak ketiga

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 16/8/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3491541387352353?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.