Inspiration

Bertanggungjawablah Sampai Akhir, Apa Pun Yang Terjadi!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Aja tinggal ngglanggang colong playu. Begitu selengkapnya falsafah Jawa ini diberikan kepada kita. Apa artinya?

Referensi pihak ketiga

Secara singkat, falsafah Jawa ini mengajak kita untuk bertanggungjawab atas segala sesuatu yang kita lakukan. Maka falsafah itu berarti jangan pergi meninggalkan tanggung jawab. Itu benar. Tanggungjawabmu adalah ekspresi kemanusiaanmu. Maka dengan bertanggungjawab, kita pun belajar menjadi manusia sepenuhnya dengan akal budi, kehendak dan hati kita.

Referensi pihak ketiga

Secara lebih mendalam, falsafah Jawa ini mengajak siapa saja untuk setia pada komitmen dan tanggung jawab atas segala sesuatu yang percayakan kepada kita. Bahkan ketika hal itu tidak sesuai dengan harapan kita; kerjakan dan lakukan dengan setia dan sungguh-sungguh.

Referensi pihak ketiga

Bisa juga, falsafah ini berarti ini. Kalau kita memulai sesuatu yang baik, dan dalam perjalanan waktu ternyata tak ada dukungan atau respon positif dari orang lain; bertahanlah dalam mengerjakan hal itu. Lakukan sampai titik darah penghabisanmu. Caileeee! Iye neh. Itu namanya orang yang tidak tinggal glanggang colong playu. Hadapi semua dengan cinta dan lapang dada!

Dah gitu aja sih. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam sejahtera dan salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 22/8/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3824489220961810?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.