Inspiration

Istimewa! Inilah Teladan Kerendahan Hati dan Sikap Takzim Jokowi terhadap BJ Habibie

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Pada tanggal 27 Agustus 2018 pukul 17:49 terbit artikel saya berjudul “Pentingnya Sikap Lembah Manah Seperti Sikap Jokowi Saat Membesuk Habibie” (lihat tz.ucweb.com/8_3Jlov). Pada kesempatan itu, saya terkesan dengan cara etika sikap Presiden Jokowi yang berdiri dengan tangan ngapurancang, bukan sedhakep atau berkacak pinggang. Nah, ternyata, sesudah itu, beredar pula foto dalam posisi yang lain, sebagaimana menjadi ilustrasi dalam artikel ini.

Referensi pihak ketiga

Perhatikanlah posisi itu! Sikap takzim Presiden Jokowi terhadap BJ Habibie yang juga pernah menjadi Presiden ke-3 Republik Indonesia, luar biasa! Saya memandang foto tersebut dengan rasa damai sebagaimana rasa damai juga tertebar dari pancaran sikap mereka berdua.

Dalam bahasa Indonesia, kata takzim berarti sopan dan santun, sangat hormat. Sikap amat hormat, itulah takzim menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) [lihat di kbbi.web.id/takzim]. Foto itu bahkan menampilkan satu sikap dinamis tak hanya kata benda takzim, melainkan juga kata kerja menakzimkan yang berarti menghormati dan memuliakan.

Begitulah sikap Jokowi, Presiden ke-7 RI terhadap Habibie, Presiden ke-3 RI. Sikap itu ditunjukkan ketika Presiden Jokowi membezoek Habibie yang sedang dirawat di rumah sakit, yakni di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta (27/8/2018). Sikap itulah yang dirangkum dalam falsafah Jawa dengan berbagai istilah, yakni lembah manah dan andhap asor. Falsafah itu menjadi sangat jelas dan hidup dalam pribadi Presiden Jokowi. Luar biasa! Bagaimana menurutmu?

Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 29/8/2018

Sumber: refleksi pribadi atas foto Jokowi sebagaimana dilansir www.liputan6.com

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1377719826142179?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.