Inspiration

Jangan Sampai Ini Terjadi, Untung Ada Presiden Jokowi!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Falsafah Jawa ini bisa menggambatkan fakta tetapi sekaligus bisa menjadi penanda. Apa maksudnya?

Referensi pihak ketiga

Wong sugih mati keluwen. Ada orang kaya mati kelaparan. Kok bisa? Mungkin karena ia kaya tetapi tak peduli pada dirinya sendiri sehingga ia menderita hingga kematiannya. Atau bisa jadi ini suatu simbol. Ada yang kaya secara duniawi namun miskin relasi.

Falsafah ini juga menjadi peringatan. Jangan sampai kita seperti itu. Negeri kita kaya raya. Namun jangan sampai justru rakyatnya gigit jari tak menikmati kekayaan alam itu. Dan inilah yang diperjuangkan oleh Presiden Jokowi, misalnya dalam konteks freeport. Puluhan tahun kita ibarat wong sugih mati keluwen dalam kasus freeport. Syukur kepada Allah, Presiden Jokowi berani memperjuangkan dan berhasil mengambil alih prosentase perolehan freeport bagi bangsa dan rakyatnya. Ini contoh paling nyata dalam bahasa yang paling sederhana.

Demikian refleksi singkat tentang wong sugih mati kekuwen. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 25/8/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1835367864603955?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.