Inspiration

Mencintai Budaya dan Produk Lokal dalam Rangka Urip Rukun Mbangun Srawung. Bagaimanakah?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia tahun 2018 sekaligus peringatan Dasawarsa Paroki Mandiri Gereja St. Thomas Rasul Bedono, diselenggarakanlah sarasehan bertema “Membumi dan Membudaya Membangun Kerukunan dan Persaudaraan untuk Menjadi Berkat bagi Sesama”. Itu tema besarnya. Ada pun sub tema dari tema besar itu adalah “Membumi dan Membudaya dengan Mencintai Budaya dan Memakai Produk Lokal. Itulah yang terjadi pada hari Rabu, 29 Agustus 2018 di Aula Gereja St. Thomas Rasul Bedono.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Saya merasa tersanjung dan bersyukur dipercaya menjadi salah satu nara sumber untuk sarasehan tersebut. Sarasehan dihadiri oleh segenap tokoh umat lintas agama, Muspika Kecamatan Jambu, Kepala Desa/Lurah, Karang Taruna, dan sesepuh Umat Katolik di Bedono dan sekitarnya.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Pilihan tema sarasehan yang mengangkat kebudayaan lokal bagiku sangat menarik dan penting. Kearifan lokal dalam sebagai bentuknya harus menjadi perhatian kita dalam rangka merawat dan menjaga NKRI. Hari-hari ini dan di masa depan, sikap ini sangat penting untuk diperjuangkan bersama. Karenanya, kehadiran para tokoh lintas agama, muspika, Kepala Desa/Lurah, Karang Taruna dan sesepuh Umat di sekitar Bedono pun menjadi sangat signifikan dan relevan untuk peristiwa ini.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Inilah menjadi salah satu cara menangkap semburan dan taburan oleh oknum tertentu yang hendak merusak sistem demokrasi dan tata negara kita. Kekuatan akar rumput, persatuan dan persaudaraan itu dalam falsafah Jawa dirumuskan dalam kalimat sehari-hari urip rukun mbangun srawung tangga teparo. Kita semua hidup rukun membangun silaturahmi antar tetangga. Saudara terdekat masyarakat adalah tetangga sekitar kita.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Menurutnya, Paroki Bedono sesungguhnya sudah sangat kuat menghayati falsafah itu, khususnya dengan cara hidup membumi dan membudaya dengan mencintai budaya dan memakai produk lokal. Mereka sudah mempraktekkannya dengan baik. Maka, saya tak perlu banyak bicara, cukup meneguhkan saja yang sudah terjadi seraya mengajak semua pihak untuk tetap eling lan waspada jangan mau dipecah belah dan diadu domba oleh pihak-pihak yang melawan hukum demorasi yang sah.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Dah, itu aja sih. Proficiat. Terima kasih kepada Romo Y.S Sunu Siswoyo Pr dan Romo Hartono Pr yang berkenan nimbali saya untuk saling meneguhkan dalam peristiwa penuh sukacita ini. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Bedono, 29/8/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/4461589370073832?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.