Inspiration

Pribadimu Ada dalam Gambar Pertama Yang Kamu Tangkap; Seperti Apakah? Cobalah!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Falsafah Jawa mengatakan solah bawa pratanda kapribaden. Nah, falsafah itu mendapatkan narasi yang unik sebagaimana terjadi dalam pengalaman saya berikut ini. Pagi tadi (Rabu, 29/8/2018), saya mendapatkan kiriman meme ini melalui pesan whatsapp dengan pertanyaan, gambar apakah yang pertama kali kau lihat dan kau tangkap? Itulah cerminan pribadi dan dirimu! Coba tebak, gambar apa yang kutangkap dan kulihat pertama kali begitu melihat meme tersebut? Lalu apa maknanya? Dan Sobat sendiri, gambar apa yang pertama kali Anda lihat? Inilah maknanya sekaligus jawaban saya pula.

Referensi pihak ketiga

Ternyata, ulasan tentang meme tersebut sudah dilansir di bali.tribunnews.com (28/8/2018). Setelah saya baca dan pelajari, penjelasannya oke punya deh. Maka, saya mencoba mengolahnya dan menghadirkannya melalui tulisan ini, tentu dalam kaitannya dengan falsafah lokal sesuai dengan komitmen saya. Seperti apakah?

Saya sendiri, melihat meme tersebut, saya langsung menangkap gambar salib. Spontan itulah yang saya berikan sebagai jawaban kepada si pengirim pesan kepada saya. Tapi ternyata, dia sendiri tidak tahu maknanya. Lalu saya coba lacak di google, muncullah di tribunnews.com artikel tersebut.

Tapi sebelum saya uraikan artinya, jawab dulu ya dengan jujur. Gambar apa yang pertama kali kau tangkap. Itulah cerminan pribadimu saat ini. Nah, sekarang mari kita simak keterangannya.

Referensi pihak ketiga

Kalau yang kamu tangkap pertama gambar buku, itu pertanda bahwa kamu seorang yang yang pintar. “Kebanyakan orang bercerita padamu dan kamu sering didekati oleh mereka yang membutuhkan nasihat. Kamu mampu menangani sebagian besar tantangan yang diberikan kepadamu dengan mudah dan murah hati.”

Kalau yang kamu tangkap pertama gambar bunga mawar, itu pertanda bahwa cinta adalah senjata terbesarmu. Dengan cinta, kamu cepat melihat sesuatu yang menjadi kelebihan orang lain, bahkan jika kelebihan itu tersembunyi dengan baik. Kecuali itu, kamu juga lebih suka menjadi pribadi yang damai dan tenang sehingga kamu tidak tertarik untuk terlibat dalam gosip yang tidak perlu. Kamu juga tidak suka menjadi sorotan. “Kelemah lembutan datang dengan mudah kepadamu dan kamu selalu melakukan yang terbaik untuk menyenangkan orang lain.”

Nah, kalau yang kamu lihat adalah salib, seperti yang kulihat, itu pertanda bahwa kamu memiliki sifat ini. Kamu termasuk orang yang sulit memberi hatimu kepada orang lain tetapi ketika kamu benar-benar menginginkannya, kamu melakukan yang terbaik. Kamu adalah pribadi yang sangat setia dan cerdas. Bahkan, kamu adalah sosok pribadi yang mudah mengendalikan emosi dan pengendalian diri pribadi. Suka berkorban dan memberikan yang terbaik dalam segala apa pun!

Kalau yang kamu lihat adalah gambar balon. Berarti kamu adalah seorang yang optimis dan berjiwa bebas. Tapi kamu suka melamun dan berimajinasi. “Ketika kamu telah memutuskan bahwa sesuatu terasa benar, tidak ada orang lain yang dapat mengubah pikiranmu. Bahkan jika kamu mengalami waktu terburuk, kamu selalu yakin bahwa kehidupan akan menjadi lebih baik. Kamu selalu menyimpan harapan dalam dirimu setiap saat.”

Kalau yang kamu lihat pertama adalah gambar hati, maka, saat ini, kamu adalah sosok yang sedang ditandai oleh warna kepribadian bahwa menemukan cinta sejati adalah tujuan utama dalam hidupmu. Kebaikan alamimu memastikan bahwa kamu tidak pernah membenci siapa pun untuk waktu lama. Bahkan, kamu adalah pribadi yang menginginkan agar semua orang bahagia. “Orang-orang datang kepadamu karena kamu welas asih dan pemaaf dan selalu siap untuk dicintai.”

Kalau yang kamu lihat adalah gambar singa, ndak usah takut hehehe. Menurut pemilik gagasan ini, itu pertanda bahwa kamu punya keberanian dan kepercayaan diri tinggi. Kamu tidak buta terhadap kesalahanmu sendiri tetapi kamu menerimanya sama seperti sifat baikmu. Banyak orang yang merasa terlindungi saat berada dekat denganmu.

Kalau yang kamu lihat adalah gambar ekspresi (ter)senyum, itu pertanda bahwa kamu memiliki selera humor yang tinggi dan dengan demikian, kamu menjadi pribai yang membawa sukacita bagi sesama. Maka, tampilkan saja dirimu apa adanya. “Lupakan apa yang mungkin dipikirkan orang lain dan jadilah orang yang sebenarnya.”

Referensi pihak ketiga

Akhirnya, kalau yang kamu lihat adalah gambar dasi, itu pertanda bahwa kamu adalah sosok pribadi yang sangat disiplin dan pekerja keras, Bagusnya adalah bahwa kamu selalu menepati janji. Kamu totalitas dalam mengerjakan tugas. Kamu tidak takut dengan rintangan dan apa pun yang menantangmu juga membuatmu tetap bersemangat.

Itulah makna gambar yang pertama kali kau tangkap dan begitulah cermin pribadimu. Itulah yang dalam falsafah Jawa disebut solah bawa pratanda kapribaden. Pribadi kita bisa ditandai oleh berbagai simbol yang memiliki makna perilaku kita. Namun, apa pun itu, ini hanyalah salah satu pandangan, boleh percaya boleh tidak. Happy aja lagi!

Begitulah, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Kampus Ungu Unika Soegijapranata, 29/8/2018

Sumber: bali.tribunnews dari TribunStyle.com/Triroessita Intan P

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3749965026893852?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.