Inspiration

Turut Berjerih Payah Meski Tak Menikmati Hasilnya untuk Diri Sendiri dan Keluarga!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Gupak pulute ora mangan nangkane. Apa arti falsafah Jawa ini? Pulut nangka itu lengket. Kalau kita memecah nangka, pulut nangka bisa saja melekat di tangan kita. Ini menggambarkan suatu usaha dan kerja keras yang kita lakukan. Namun usaha keras itu menjadi jerih payah yang mungkin hasilnya tidak bisa kita nikmati. Mengapa? Karena kita tidak menikmati manisnya nangka.

Referensi pihak ketiga

Itulah arti dan makna falsafah Jawa gupak pulute ora mangan nangkane. Kita turut berjuang keras dengan segala susah payahnya, meski tidak turut menikmati hasilnya. Lalu harus bagaimana?

Loh, ya tidak masalah. Itulah yang namanya pengorbanan. Kalau pengorbanan itu dijalani dengan ikhlas, maka, meski tampaknya kita tidak menikmati manisnya jerih payah kita, toh kita boleh bahagia bahwa orang lain bisa menikmati jerih payah kita.

Begitu, Sobat! Bagaimana menurut kamu? Apakah falsafah Jawa ini masih relevan buat kita saat ini? Pastinya masih ya. Nyatanya, banyak orang yang berjuang untuk mewujudkan kebaikan, kerukunan dan kesejahteraan dengan tulus. Ia melakukannya bukan demi kroni dan keluarganya melainkan melulu demi bangsa.

Ambillah contoh sosok Presiden Jokowi. Sejak terpilih dan dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia, keluarganya bebas merdeka tidak haus kuasa memanfaatkan jabatan ayahnya. Ini contoh yang bagus. Bandingkan dengan misalnya jaman Orde Baru. Sangat jauh berbeda. Semoga ini menjadi contoh teladan yang baik bagi siapa saja.

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 23/8/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2911941872082254?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.