Inspiration

Berbuat Baik bagi Yang Membenci? Memberkati Yang Mengutuk? Mengasihi Musuh? Bisa Nggak Ya?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Tidak mudah, namun begitulah mestinya setiap orang mampu menjadi berkah. Bahkan, tak hanya bagi orang-orang yang sepaham dan sekomunitas; tetapi juga bagi orang-orang yang membenci, memusuhi, bahkan menganiaya kita.

Referensi pihak ketiga

Itulah sebabnya baiklah kita melakukannya sebagaimana diajarkan kepada kita, apa pun agama dan kepercayaan kita. Salah satu sabda yang dahsyat yang disampaikan Yesus kepada para murid-Nya mengajak kita untuk melakukan ini.

“Dengarkanlah perkataan-Ku ini: Kasihilah musuhmu. Berbuatlah baik bagi kepada orang yang membenci kalian. Mintalah berkat bagi mereka yang mengutuk kalian. Berdoalah bagi orang yang mencaci kalian. Bila orang menampar pipimu yang satu, berikanlah pipimu yang lain. … Hendaklah kalian murah hati sebagaimana Bapamu murah hati adanya. Janganlah menghakimi orang…. Janganlah menghukum orang…. Ampunilah, maka kalian akan diampuni….” (Lihat selengkapnya di Lukas 6:27-38)

Referensi pihak ketiga

Itulah kebaikan. Dan semua kebaikan itu juga akan teruju pada diri kita sendiri. Sekali lagi, semua agama, dengan cara yang kurang lebih sama pasti mengajarkan keutamaan-keutamaan tersebut dengan keunikan masing-masing. Karenanya, tak perlulah mengumbar kebencian dan balas dendam. Mari mewujudkan peradaban kasih bagi masyarakat Indonesia yang sejahtera, bermanrtabat dan beriman, apa pun agama dan kepercayaan kita dengan cara-cara yang elegan. Meminjam warisan Gus Dur, “Tidak penting apa pun agama dan sukumu. Kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya apa agamamu.”

Referensi pihak ketiga

Bagaimana menurut Sahabat Peradaban Kasih? Boleh donk saling memperkaya dengan berbagi pandangan dan pengalaman? Terima kasih. Demikian, semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. Salam Peradaban Kasih.***

JoharT Wurlirang, 13/9/2018

Sumber: refleksi pribadi atas teks Lukas 6:27-38

Sumber http://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1499467896681639?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=app_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.