Inspiration

Kadang Hidup Itu Salah Paham, Tak Usah Mengumpat Apalagi Menghujat! Saling Memaafkan Saja!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Dalam perjalanan menuju Ponpes Tarbiyatul Islam Al Falah (6/9/2018), saya mengalami satu kejadian unik. Saya memang belum pernah ke PPTI Al Falah Salatiga. Ini adalah pengalaman pertama.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Kepada Mbakyu Rofiah, salah satu putri dari mendiang KH Mohammad Zoemri, pendiri dan pengasuh PPTI Al Falah, memberikan ancer-ancer begini. “Romo bisa melewati jalan lingkar, berhenti di lampu merah yang ketiga, nanti akan dijemput di situ.”

Dari Semarang saya melaju kencang sebab acara dimulai pukul 08.00 wib. Sesuai petunjuk Mbak Rofiah, saya belok kiri dan berhenti di lampu merah ketiga jalan lingkar Salatiga. Namun ternyata, saya tidak melihat Kang Hakim, salah seorang santri Al Falah yang menunggu saya di situ.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Saya pun menelpon Kang Hakim. OMG! Ternyata saya salah persepsi tentang yang dimaksud dengan lampu merah oleh Mbak Rofiah hahaha. Sejak belok di jalan lingkar Salatiga, saya mulai waspada untuk menghitung setiap lampu merah yang ada. Satu…. ada lampu merah dengan tanda kelip-kelip kuning. Dua….. sama. Tiga…. lampu hijau menyala. Tak mungkin saya berhenti. Maka saya pun belok kiri. Baru kemudian menelpon Kang Hikam.

Ups. Ternyata saya salah mengerti. Mas Hikam menjemput saya. Saya mengikutinya. Baru kutahu bahwa yang dimaksud dengan lampu merah adalah lampu merah kelima dari hitungan awal jalan lingkar. Lampu kelima itulah lampu ketiga yang dimaksudkan Mbak Rofiah. Yakni lampu merah yang berfungsi sungguh-sungguh sebagai lampu merah, hijau dan kuning hahaha.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Untung ada Kang Hikam yang menjemputku di tempat aku keliru berhenti. Dengan demikian, sampailah daku di tempat tujuan dengan selamat, yang ternyata masih sangat jauh dari lampu merah ketiga yang kumengerti hehehe.

Kadang hidup ditandai oleh salah paham seperti itu. Kalau terjadi salah paham, tabayunlah, jangan menghujat jangan pula mengumpat!. Demikian, semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Pondok Pesantren Al Falah Salatiga, 6/9/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3882430850948184?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.