Inspiration

Awas Jangan Bingung! Ada Konsorsium Kader Gus Dur; Ada Gusdurian Yang Unik Kultural Etik!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Yenny Wahid yang kemarin (26/9/2019) menyatakan deklarasi politiknya mendukung Jokowi-Ma’ruf dalam Pilpres 2019 tidak sama dengan Gusdurian. Mengapa? Inilah jawabannya.

Referensi pihak ketiga

Yenny Wahid tidak identik dengan Gusdurian. Putri kedua KH Abdurrahman Wahid-Nyai Hajah Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid itu bergerak dalam ranah politik praktis. Itu tampak dan sudah final setelah memberikan dukungan kepada Capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin. Mbak Yenny mempunyai komunitas dalam Rumah Pergerakan Politik Gus Dur di Kalibata, Jakarta.

Referensi pihak ketiga

Berbeda dengan Yenny Wahid adalah kakaknya, putri sulung Gus Dur-Shinta Nuriyah, yakni Alissa Wahid yang bernama lengkap Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid. Alissa Wahid adalah Direktur Jariangan Gusdurian Indonesia yang bergerak di ranah kultural melalui gerakan Gusdurian. Ranahnya bukan politik praktis melainkan politik etis, kebudayaan dan kemanusiaan.

Itulah sebabnya, pilihan Yenny Wahid memberikan dukungan politik praktis pada kubu Jokowi tak berarti serta merta merupakan sikap Gusdurian. Gusdurian sebagai gerakan tak bergerak di ranah politik praktis. Ranah Gusdurian bukan politik praktis melainkan politik etis yang berbasis kultural dan humanitas.

Referensi pihak ketiga

Namun ini tidak berarti bahwa keluarga Gus Dur terbelah. Sebagaimana Gus Dur selalu plural demikianlah spirit Gus Dur yang dihayati para putrinya. Alissa Wahid menegaskan bahwa Gusdurian sebagai jarimgan gerakan tetap netral sebagai komunitas gerakan. Kalau pun ada warga Gusdurian yang mendukung entah Jokowi atau kalau ada Prabowo, maka semua itu adalah hak personal bukan organisatorial struktural gerakan Gusdurian.

Eh, tapi ngomong-ngomong, bisa jadi ada yang main klaim, lalu bilang, Yenny Wahid memang mendukung Jokowi-Ma’aruf tapi Gusdurian mendukung kami, Prabowo-Sandi. Bisa loh, ini terjadi. Bagaimana menurutmu?

Referensi pihak ketiga

Tetapi yang jelas dan pasti, gerakan Gusdurian tidak akan berpolitik praktis! Demikian semoga jelas. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan tribunnews.com/pilpres-2019/2018/09/26/yenny-wahid-dukung-jokowi-alissa-wahid-jaringan-gusdurians-tetap-tidak-berpolitik-praktis (Rabu, 26 September 2018 17:45 WIB); editor Claudia Noventa

JoharT Wurlirang, 27/9/2018

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2442258844282307?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.