Inspiration

Ideologi Komunisme, Tak Populer di Tingkat Global; Mengapa di Tingkat Lokal Menjadi Hantu?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Mengapa hantu komunisme masih terus dipelihara kalau bukan untuk meraih kekuasaan dan menggempur lawan? Semua gara-gara warisan Orde Baru!

Referensi pihak ketiga

Hantu komunisme mulai nyata sejak setelah Indonesia merdeka melalui Partai Komunis Indonesia. Sejarah mencatat, dua kali PKI melakukan pemberontakan. Pertama pada tahun 1948 dan kedua pada tahun 1965.

Gegara peristiwa 1965 yang dipopulerkan rezim Soeharto dan Orde Barunya sebagai Gerakan 30 September (G/30/S), maka terhitung sejak 12 Maret 1966, PKI pun dinyatakan sebagai partai terlarang di Republik Indonesia. PKI sudah dikalahkan oleh Pancasila yang sakti. Maka, sehari sesudah 30 September yakni 1 Oktober disebutkan Hari Kesaktian Pancasila versi Orde Baru.

Referensi pihak ketiga

Ideologi komunisme dibawa ke Indonesia oleh Henk Sneevliet. Sejak peristiwa 1965, segala upaya dilakukan oleh pemerintah dan parlemen, agar ideologi itu tak bisa hidup lagi di negeri ini. Tapi lantas tetap disebut sebagai bahaya laten alias hantu!

Kendati sudah sejak tahun 1968, PKI dan ideologi komunisme sudah dihabisi dengan berbagai cara, baik yuridis konstitusional, sosial dan psikologis, namun ternyata oh ternyata, ideologi komunisme masih dianggap sebagai ancaman. Ia laksana hantu yang bergentayangan menebarkan ketakutan! Padahal, secara global mondial, komunisme juga sudah gagal dan tak lagi populer, kecuali di Korea Utara. Aneh bukan? 

Referensi pihak ketiga

Awas! Jangan mau diprovokasi dan dipecahbelah hanya dalam rangka kekuasaan apalagi menjelang Pilpres 2019! Demikian, semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.

Sumber: tirto.id dan liputan6.com

JoharT Wurlirang, 25/9/2018

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1708842072839003?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.